13 Negara Ini Ternyata Pernah Dilarang Ikut Olimpiade

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Jul 2024, 08:21
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Sungai Seine saat acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 Sungai Seine saat acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Website Olimpiade Paris 2024)

Ntvnews.id, Paris - Keikutsertaan Israel, yang jelas terlibat dalam genosida terhadap rakyat Palestina, telah menuai banyak kritik. Sebelumnya, ada 13 negara yang dilarang ikut serta dalam kompetisi olahraga bergengsi ini.

Larangan tersebut diberlakukan karena berbagai alasan, termasuk agresi militer, doping, sikap politik, atau pelanggaran aturan Komite Olimpiade Internasional (IOC), seperti yang dilaporkan oleh Al Jazeera.

Larangan pertama terjadi pada Olimpiade Musim Panas 1920 di Antwerp, Belgia, ketika Jerman, Austria, Hungaria, Bulgaria, dan Turki dilarang berpartisipasi akibat peran dan keterlibatan mereka dalam Perang Dunia I.

Baca Juga: 6 Atlet Olimpiade Paris 2024 Positif Covid-19, Kontingen Indonesia Diminta Waspada

Jerman juga dilarang mengikuti Olimpiade 1924 di Paris, sebagai kelanjutan dari larangan sebelumnya dan sebagai konsekuensi dari Perang Dunia I.

Pada Olimpiade Musim Panas 1948 di London, Jerman dan Jepang tidak diperbolehkan berpartisipasi sebagai akibat dari peran mereka dalam Perang Dunia II dan dampak kehancuran yang ditimbulkan.

Afrika Selatan dilarang berpartisipasi dalam Olimpiade dari tahun 1964 hingga 1992 akibat kebijakan segregasi rasial yang diterapkan oleh rezim apartheid.

Halaman
x|close