Aktivis Masuk Penjara Gegara Lukisan, Kok Bisa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Jul 2024, 09:30
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Actives Ilim Rusak Lukisan Actives Ilim Rusak Lukisan (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Akhirnya, keadilan ditegakkan terkait aksi pelemparan sup tomat pada mahakarya Van Gogh, dan pelaku akan dipenjara!

Dilansir dari BBC, Rabu, 31 Juli 2024, dua aktivis dari kelompok Just Stop Oil (JSO), yaitu Phoebe Plummer dan Anna Holland, telah dinyatakan bersalah atas tindakan mereka menyiramkan sup tomat ke lukisan "Bunga Matahari" karya Vincent Van Gogh yang dipajang di National Gallery London.

Insiden tersebut terjadi pada Oktober 2022, dengan Plummer dan Holland melatarbelakangi aksi mereka sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah Inggris dalam menangani krisis perubahan iklim.

Di Pengadilan Mahkota Southwark, Hakim Christopher Hehir menilai bahwa tindakan mereka hampir menghancurkan salah satu karya seni paling berharga di dunia. Ia menetapkan syarat jaminan bagi Plummer dan Holland, termasuk larangan membawa lem, cat, atau bahan perekat di tempat umum serta larangan mengunjungi galeri atau museum.

Baca Juga: SYL Beli Lukisan Sujiwo Tejo Rp200 Juta, Saksi: Dana Pinjem Vendor Kementan

Sementara itu, pengacara terdakwa sedang mempertimbangkan untuk mengajukan banding. Mereka merasa bahwa pemerintah tidak memberi kesempatan kepada Holland dan Plummer untuk menyampaikan alasan mereka yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami merasa kecewa dengan pembatasan yang ada, yang menghalangi Holland dan Plummer untuk menjelaskan sepenuhnya motivasi mereka saat memberikan bukti," kata Katie McFadden, pengacara Holland.

Halaman
x|close