2 Astronaut Terjebak Dua Bulan di Luar Angkasa, Ini Biang Keroknya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Jul 2024, 11:06
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Rocket Astronaut Rocket Astronaut (Istimewa)

Ntvnews.id, Washinton DC - Dua astronaut NASA, Butch Wilmore dan Sunita Williams, saat ini terjebak di luar angkasa sejak Juni tanpa kepastian kapan mereka bisa kembali ke Bumi. Wilmore dan Williams telah berada di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) sejak Juni setelah pesawat antariksa mereka mengalami beberapa masalah teknis.

Dilansir dari Live Science, Rabu, 31 Juli 2024, keduanya awalnya diluncurkan ke orbit dengan pesawat ruang angkasa Boeing setelah mengalami penundaan selama bertahun-tahun. Mereka meluncur dari Stasiun Antariksa Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada 5 Juni dengan penerbangan berawak perdana Starliner.

Walaupun mereka dijadwalkan hanya untuk berada di orbit selama satu minggu, pesawat Starliner menghadapi berbagai masalah selama penerbangan, termasuk lima kebocoran helium dan lima kegagalan pada sistem kontrol reaksi (RCS). Masalah-masalah ini memaksa insinyur untuk menangani isu-isu tersebut dari Bumi.

Baca Juga: Roket Luar Angkasa Milik Tiongkok Jatuh dan Terbakar Gegara Tak Sengaja Diluncurkan

Akibatnya, masa tinggal Wilmore dan Williams di ISS terpaksa diperpanjang menjadi 50 hari. Meskipun uji coba di darat telah selesai, NASA dan Boeing belum menetapkan tanggal pasti untuk penerbangan pulang mereka.

"Kami belum memiliki pembaruan signifikan mengenai tanggal kepulangan hari ini," kata Steve Stich, manajer program untuk Program Awak Komersial NASA, dalam konferensi pers.

"Kami telah membuat kemajuan substansial, namun kami belum siap untuk mengumumkan," tambahnya.

Halaman
x|close