Terkuak! Cacing di Wilayah Ini Ternyata Kebal dari Radiasi Nuklir

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Jul 2024, 11:09
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Cacing Kebal Radiasi Nuklir Cacing Kebal Radiasi Nuklir

Ntvnews.id, Kyiev - Cacing mikroskopis yang hidup di lingkungan sangat radioaktif di Zona Eksklusi Chernobyl (CEZ) ternyata tidak terpengaruh oleh radiasi nuklir. Nematoda yang diambil dari area tersebut tidak menunjukkan kerusakan pada genom mereka, berbeda dari apa yang diperkirakan untuk organisme yang hidup di kondisi berbahaya seperti itu.

Temuan ini, yang dipublikasikan di jurnal PNAS awal tahun ini, tidak mengindikasikan bahwa CEZ sudah aman untuk dihuni. Namun, cacing tersebut tampak sangat tangguh dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang tidak ramah bagi spesies lain.

Dilansir dari Science Alert, Rabu, 31 Juli 2024, menurut tim ahli biologi yang dipimpin oleh Sophia Tintori dari New York University, penemuan ini bisa memberikan wawasan tentang mekanisme perbaikan DNA yang suatu saat mungkin dapat digunakan dalam pengobatan manusia.

Baca Juga: LBH Gunakan Teknologi Forensik Digital untuk Rekonstruksi CCTV Kasus Kematian Afif

Sejak ledakan reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl pada April 1986, area sekitarnya dan kota terdekat, Pripyat, Ukraina, telah sepenuhnya terlarang bagi siapa pun tanpa izin pemerintah.

Bahan radioaktif yang menyebar di lingkungan ini menyebabkan organisme terpapar radiasi peng-ion yang sangat berbahaya, meningkatkan risiko mutasi, kanker, dan kematian. Diperlukan ribuan tahun sebelum 'Chernobyl', seperti dieja di Ukraina, dapat dianggap aman untuk dihuni kembali oleh manusia.

Pada saat yang sama, zona eksklusi seluas 2.600 kilometer persegi tersebut telah berkembang menjadi tempat perlindungan bagi hewan-hewan yang hidup dalam kondisi radioaktif unik.

Halaman
x|close