Kalau Terpilih Jadi Pimpinan KPK, Johan Budi Janji Mau Lakukan Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Jul 2024, 13:18
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Johan Budi. (Antara) Johan Budi. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Johan Budi Sapto Pribowo, turut mengikuti tes tulis calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini. Johan Budi mengaku ada enam pertanyaan yang dijawabnya dalam tes yang dilaksanakan Panitia Seleksi (Pansel) KPK itu.

"Ya saya mengalir aja karena pertanyaan-pertanyaan itu saja jawab berdasarkan apa yang pernah saya alami ketika saya di KPK, mengalir aja," ujar Johan Budi di gedung Pusdiklat Setneg, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Enam pertanyaan yang dites dalam seleksi ini terdiri dari empat pertanyaan wajib, serta dua pertanyaan yang dipilih oleh para peserta. Johan Budi mengungkapkan setiap jawaban para peserta akan berbeda satu dengan lainnya.

"Sebenernya soal ini bukan mudah atau susah tapi soal ini kan kalau peserta ini jadi pimpinan apa yang dilakukan, bukan soal bagaimana ini susah bukan gitu. Pasti semua orang punya jawaban masing-masing," kata dia.

Johan Budi lantas menjelaskan alasannya mendaftar sebagai capim KPK. Menurutnya kondisi internal KPK yang tengah terpuruk menjadi salah satu pemicunya.

"Kalau ditanya kenapa saya daftar KPK? Karena saya ingin ikut memberantas korupsi secara langsung. Kedua kita ketahui bersama sekarang kalau kita lihat dari ukuran persepsi publik dari beberapa survei menunjukkan lembaga KPK sedang tidak baik-baik saja," kata dia.

Ia mengaku terdorong untuk mengembalikan citra KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi yang disegani publik.

Halaman
x|close