Sejarah Candi Prambanan, Tempat Peluncuran Nusantara TV

NTVNews - 9 Mei 2024, 10:14
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Candi Prambanan Candi Prambanan (Visit Jawa Tengah)

Ntvnews.id, Yogyakarta - Candi Prambanan ditunjuk sebagai tempat gelaran meluncurkan Nusantara TV yang berlangsung pada 11-12 Mei 2024.

Dalam peluncuran Nusantara TV akan dihadiri oleh beberapa artis papan atas untuk memeriahkan acara tersebut seperti Afgan, Lyodra, Kunto Aji, Letto, Shaggydog, Ndarboy Genk, Bulan Sutena, dan DJ Laurabiel.

Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, yang terletak sekitar 17 kilometer di sebelah timur Yogyakarta, di daerah yang disebut Klaten.

Candi ini merupakan salah satu contoh arsitektur Hindu klasik yang paling indah dan megah di Asia Tenggara, serta diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Berikut sejarah Candi Prambanan, diarsir berbagai sumber:

- Sejarah Awal

Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi pada masa pemerintahan dinasti Sanjaya. Dinasti ini berkuasa di Jawa Tengah dan Timur pada saat itu. Konon, Prambanan didirikan oleh Rakai Pikatan untuk memuliakan Dewa Trimurti, yaitu Brahma sebagai pencipta, Vishnu sebagai pemelihara, dan Shiva sebagai pemusnah. Candi ini merupakan bagian dari kompleks candi yang lebih besar, yang juga mencakup candi Sewu dan Lumbung.

- Puncak Kehidupan dan Kehancuran

Halaman
x|close