Bandara IKN Siap Layani Penerbangan Internasional

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Agu 2024, 15:34
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diwawancara awak media di Jakarta, Kamis (1/8/2024). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diwawancara awak media di Jakarta, Kamis (1/8/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Kalimantan - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dirancang untuk dapat melayani pesawat berbadan lebar dan penerbangan internasional, termasuk ke Eropa.

Menhub Budi Karya menjelaskan bahwa dengan panjang landasan pacu mencapai 3.000 meter, Bandara Nusantara Airport di IKN dapat menangani pesawat seperti Boeing 777, memungkinkan penerbangan langsung dari IKN ke Eropa dan sebaliknya.

Baca Juga:

Alasan Tengku Dewi Pilih Operasi Caesar Saat Persalinan Bikin Geleng-geleng

PKB Masih Galau Gabung ke Koalisi Indonesia Maju di Pilkada 2024

"Jadi kalau (landasan pacu/runway bandara IKN) 3.000 (meter) itu kan bisa (pesawat Boeng) 777. Jadi dari IKN sampai ke Eropa bisa langsung," katanya, dikutip dari Antara.

Jalan masuk menuju Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).  <b>(Dok.Antara)</b> Jalan masuk menuju Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024). (Dok.Antara)

Menurut Menhub, panjang landasan pacu di Bandara IKN memberikan keunggulan dibandingkan dengan bandara lainnya di Kalimantan. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan memiliki panjang landasan 2.400 meter, sementara Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda memiliki panjang 2.200 meter.

Halaman
x|close