Anak Betawi Didorong Maju Pilkada Jakarta

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Agu 2024, 16:38
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ketua Umum Dewan Adat Bamus Betawi Muhammad Rifqi atau Eki Pitung. Ketua Umum Dewan Adat Bamus Betawi Muhammad Rifqi atau Eki Pitung.

Ntvnews.id, Jakarta - Anak Betawi didorong maju di Pilkada Jakarta 2024. Hal ini akan diupayakan Dewan Adat Badan Musyawarah (DA Bamus) Betawi melalui Rapat Kerja I yang digelar hari ini.

"(Dalam Rapat Kerja kita nantinya) Merekomendasi bagaimana orang Betawi sebagai putra daerah menjadi pemimpin di Pilkada 2024," ujar Ketua Umum Dewan Adat Bamus Betawi Muhammad Rifqi atau Eki Pitung, Sabtu (3/8/2024).

Raker DA Bamus Betawi nantinya akan merekomendasikan orang Betawi untuk menjadi calon kepala daerah di Pilgub DKI. Baik untuk menjadi calon gubernur, maupun calon wakil gubernur. Dewan Adat berharap rekomendasi ini disambut baik partai politik (parpol).

"Dewan Adat ini ingin menyampaikan keinginan boleh juga menjadi gubernur, boleh juga wakil gubernur. Mudah-mudahan partai politik sebagai pemilik tiket ini mengembalikan hak-hak semua provinsi dimana sudah berjalan otonomi daerah dan putra daerah masing-masing menjadi pemimpin, kepala daerah," papar dia.

"(Agenda) Raker di akhir nama-nama yang terbaik menurut kami, calon gubernur dan juga calon wakil gubernur yang akan kita kawal dari Dewan Adat Bamus Betawi," imbuh Eki.

Setelah nama-nama yang direkomendasikan didapat, Dewan Adat Bamus Betawi akan berkomunikasi dengan parpol, sebagai pihak yang bisa mengusung calon kepala daerah di pilkada. Komunikasi dilakukan agar nantinya saran mereka bisa dipertimbangkan partai. Setidaknya empat nama yang akan direkomendasikan.

"Kita akan roadshow ke pimpinan-pimpinan partai politik untuk memberikan sebuah usulan atau gagasan kami, keinginan kami dari kaum Betawi," tutur Eki.

Halaman
x|close