Sejarah dan Aturan Main Speed Climbing, Nomor Andalan Indonesia Tambah Medali di Olimpiade Paris 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Agu 2024, 15:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Indonesia menyisakan dua wakil di nomor speed putri pada Olimpiade Paris 2024 Indonesia menyisakan dua wakil di nomor speed putri pada Olimpiade Paris 2024 (NOC Indonesia)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia menyimpan asa yang cukup besar dari nomor sport climbing di ajang Olimpiade Paris 2024. Apalagi dua atlet putri, yakni Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah berhasil melaju ke babak perempat final nomor speed atau kecepatan.

Desak Made yang tampil konsisten sejak babak kualifikasi berhasil mengalahkan wakil Amerika Serikat, Kelly Piper. Wanita asal Bali itu menyentuh puncak dengan catatan waktu 6,38 detik. Di babak perempat final, Rabu (7/8/2024), Desak Made akan bertemu wakil China, Lijuan Deng.

Baca juga: Terhindar dari 'Spiderwoman' Polandia, Dua Atlet Indonesia Berpotensi Bentrok di Semifinal Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Rajiah sebenarnya gagal menyentuh puncak pada babak eleminasi. Namun atlet asal Banten itu tetap lolos setelah mencatatkan waktu kualifikasi terbaik di antara peserta yang kalah. Dia beruntung tetap tampil di babak perempat final usai mencatat waku terbaik 6.58 detik. 

Pada babak perempat final, Rajiah akan berhadapan dengan Emma Hunt dari Amerika Serikat. Sayang, Rajiah dan Desak Made bakal bentrok bila sama-sama berhasil memetik tiket semifinal.

Di nomor speed putra, Indonesia juga masih punya dua wakil yang bakal tampil di Le Bourget Climbing Venue, Selasa (6/8/2024). Mereka adalah Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo.

Nah, apa sebenarnya speed vimbing dan bagaimana aturan mainnya? Berikut ini penjelasannya:

Sejarah Speed Climbing

Halaman
x|close