Detik-detik Pelatih Timnas Indonesia U-23 Diusir dari Lapangan Pertandingan Melawan Guinea

NTVNews - 10 Mei 2024, 12:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong optimistis membawa Garuda Muda terbang ke Olimpiade Par Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong optimistis membawa Garuda Muda terbang ke Olimpiade Par

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Shin Tae-yong menjadi salah satu trending topic di platform media sosial X atau dulu dikenal sebagai Twitter. Namanya jadi perbincangan setelah mendapat kartu merah dari wasit pada pertandingan melawan Guinea, pada Kamis (9/5/2024).

Kedua negara seperti diketahui harus bertemu pada babak playoff Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung di lapangan INF Clairefontaine, Prancis. Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia U-23 dipaksa menyerah 0-1 lewat gol tunggal Ilaix Moriba melalui penalti menit ke-29.

STY tidak bisa menemani pasukannya hingga akhir laga. Pria asal Korea Selatan itu diusir pada menit ke-74 setelah melancarkan protes keras kepada sang pengadil lapangan, Letexier Francois. STY sangat marah setelah wasit asal Prancis itu kembali memberi hadiah penalti bagi Guinea.

Francois menunjuk titik karena menganggap Alfeandra Dewangga melakukan pelanggaran terhadap Algasimme Bah yang berlari di kotak penalti Garuda Muda. Beruntung, Bah yang tampil sebagai algojo gagal mencetak gol setelah tendangannya membentur tiang gawang. 

Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Guinea di babak playoff Olimpiade Paris 2024. <b>(Dok PSSI)</b> Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Guinea di babak playoff Olimpiade Paris 2024. (Dok PSSI)

Sebelumnya, pada menit ke-27, wasit sudah memberi hadiah penalti pada Guinea. Kali ini, Francois menunjuk titik putih atas pelanggaran tidak sengaja yang dilakukan Witan di kotak terlarang. Ilaix Moriba maju sebagai algojo dan berhasil mengoyak jala Garuda Muda.

Dalam sejumlah rekaman yang beredar di media sosial, STY tampak marah-marah kepada kepada wasit. Sikap ini kemudian diganjar dengan kartu kuning yang disusul dengan kartu merah.

Wasit Francois meminta STY segera meninggalkan bench pemain. Sementara pertandingan baru dilanjutkan setelah Shin Tae-yong sudah tidak terlihat lagi di area pertandingan.

Beragam respons netizen melihat kejadian ini. Tidak sedikit yang menyayangkan sikap STY yang dianggap merugikan pasukannya. Selain itu, ada juga yang menjadikannya sebagai momen lucu. 

Halaman
x|close