Daftar Nominal Bonus Atlet Indonesia yang Meraih Medali di Olimpiade Paris 2024: Semua Kebagian

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Agu 2024, 17:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Veddriq Leonardo sumbang emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Veddriq Leonardo sumbang emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (NOC Indonesia)

Ntvnews.id, Jakarta - Kontingen Indonesia hanya membawa dua keping emas dan satu perunggu dari Olimpiade Paris 2024. Meski demikian, semua atlet yang tampil di Paris tetap dapat bonus. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan kalau atlet yang pulang tanpa medali juga akan mendapatkan bonus dari pemerintah. Hadiah diberikan sebagai bentuk penghargaan negara terhadap kiprah mereka sebagai wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024. 

Baca juga: Menpora Dito Dapat Lampu Hijau dari Presiden Jokowi untuk Modernisasi Pelatnas PBSI Cipayung

"Untuk seluruh atlet dan pelatih yang tidak menerima medali, bentuk apresiasi dan komitmen pemerintah dalam Olimpiade, akan kami kasih bonus juga. Bonusnya segera diumumkan, itu sebagai bentuk apresiasi," kata Dito dikutip dari laman resmi Kemenpora belum lama ini. 

Rizki Juniansyah saat merebut emas di Olimpiade Paris 2024. <b>(NOC Indonesia)</b> Rizki Juniansyah saat merebut emas di Olimpiade Paris 2024. (NOC Indonesia)

Sementara itu, untuk tiga atlet yang pulang membawa medali, angkanya sudah ditentukan oleh berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo. Seperti diketahui, Indonesia berhasil meraih emas dari cabang panjat tebing nomor speed putra melalui Veddriq Leonardo. Satu keping lagi dipersembahkan oleh Rizki Juniansyah yang tampil di nomor angkat besi kelas 73 kg putra. 

Sedangkan perunggu jadi milik Gregoria Mariska Tunjung dari tunggal putri badminton. 

Torehan ini sekaligus mengakhiri penantian panjang Olimpiade Barcelona 1992 saat Indonesia terakhir kali merasakan dua emas di ajang multicabang paling bergengsi di dunia itu. Saat itu, dua emas Merah Putih dipersembahkan bulu tangkis lewat Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

Di Olimpiade Paris 2024, Indonesia pun menempati posisi ke-39 pada klasemen medali. Merah Putih menjadi negara Asia Tenggara dengan peringkat tertinggi kedua di belakang Filipina yang unggul satu perunggu saja. Berikut ini adalah daftar nominal bonus atlet-atlet Olimpiade 2024:

1. Medali Emas

Halaman
x|close