Ilkay Gundogan Pensiun dari Timnas Jerman

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Agu 2024, 08:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Ilkay Gundogan pensiun dari timnas Jerman Ilkay Gundogan pensiun dari timnas Jerman (Instagram Ilkay Gundogan)

Ntvnews.id, Jakarta - Ilkay Gundogan memutuskan pensiun dari timnas Jerman. Pemain yang berusia 33 tahun tersebut gantung sepatu setelah memimpin negaranya di Euro 2024. 

Gundogan pensiun setelah mengaku mengalami kelelahan secara fisik dan mental. 

"Setelah beberapa minggu merenung, saya memutuskan bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri karier saya di tim nasional," tulis Gundogan dalam media sosialnya.

Baca juga: Euro 2024 Rampung, Thomas Muller Umumkan Pensiun dari Timnas Jerman

Gundogan mengoleksi 82 caps bersama Jerman sejak debutnya pada 2011. Ia mengaku tidak pernah membayangkan bisa mencapai angka itu ketika pertama kali bergabung dengan Tim Panser.

"Saya melihat kembali 82 laga internasional dengan penuh kebanggaan - sebuah angka yang tak pernah saya bayangkan ketika pertama kali memulai debut di tim nasional pada 2011," kata dia.

Pengunduran diri Gundogan mengikuti jejak Toni Kroos dan Thomas Mueller. Keduanya sudah lebih dulu memutuskan pensiun dari tim nasional Jerman. Kroos pensiun setelah Euro 2024, sementara Mueller mengakhiri karier internasionalnya bulan lalu.

Gundogan, yang memimpin Jerman hingga perempat final Euro 2024 sebelum kalah dari juara Spanyol setelah perpanjangan waktu, mengakui kelelahan fisik dan mental menjadi faktor utama di balik keputusannya.

Halaman
x|close