Aksi Tanam Mangrove Ramaikan Maybank Marathon 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Agu 2024, 13:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Penanaman mangrove jadi bagian dari perhelatan Maybank Marathon 2024 Penanaman mangrove jadi bagian dari perhelatan Maybank Marathon 2024 (Maybank)

Ntvnews.id, Jakarta - Aksi tanam mangrove mewarnai perhelatan ajang lari Maybank Marathon 2024 di Bali. Kejuaraan berlabel elite international ini bakal diikuti lebih dari 12 ribu peserta yang terbagi dalam tiga kategori, marathon (42,195 km), half marathon (21,0975 km) dan 10K.

Tahun ini merupakan pelaksanaan Maybank Marathon edisi ke-13. Lomba lari ini akan berlangsung pada 25 Agustus 2024 dengan start/finish di Bali United Training Center, Gianyar.

Baca juga: Diikuti Lebih dari 12.700 Peserta, Maybank Marathon 2024 Siapkan Tiket ke Boston Marathon 2025

Seperti tahun sebelumnya, Maybank sebagai penyelenggara melakukan penanaman 2.500 mangrove di Taman Arboretum Mangrove, Tanjung Benoa, Bali. Tahun lalu penanaman 2.000 mangrove juga dilakukan di lokasi yang sama dan telah tumbuh dengan baik.

Dari total 4.500 mangrove yang ditanam dalam dua tahun ini diharapkan ke depannya dapat membantu menyerap 247.310,95 kgCO2e dengan masa hidup 8 tahun, atau setara dengan menghemat listik sebesar 277.566 kWh, atau mengurangi perjalanan mobil sejauh 3,8 juta km.

Selain itu, Maybank Indonesia juga akan menyediakan fasilitas pengelolaan sampah organik di Desa Sanding, Gianyar. Fasilitas ini diharapkan mampu mengolah sampah organik dengan kapasitas pengolahan hingga 500 kg per hari secara bertahap untuk menghasilkan pupuk alami yang bermanfaat bagi pertanian lokal. Demikian juga, fasilitas pengelolaan sampah organik ini bertujuan untuk mendukung Bali dalam mengatasi permasalahan sampah yang berdampak pada lingkungan maupun pariwisata, terutama oleh karena kurangnya infrastruktur pengelolaan sampah meskipun kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah terus meningkat.

"Kami sangat antusias meluncurkan inisiatif-inisiatif keberlanjutan Maybank Indonesia
sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 di Bali," ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan dalam sambutannya sebelum penanaman mangrove.

Dalam kesempatan yang sama, COO Jejakin, Andreas Djingga, menyambut positif penanaman mangrove di Taman Arboretum Mangrove, Benoa, Bali tahun ini. "Mangrove yang ditanam akan dipantau perkembangannya dengan teknologi yang kami miliki. Kami harap, komitmen pelestarian alam ini dapat terus berlanjut pada perayaan acara Maybank Marathon kedepannya,” kata Arfan.

Halaman
x|close