Tim Terburuk di Dunia San Marino Akhirnya Pecah Telur Setelah 140 Laga Tanpa Kemenangan di Level Kompetitif

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Sep 2024, 20:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
San Marino akhirnya menyudahi kutukan tak pernah menang yang sudah berjalan selama 20 tahun San Marino akhirnya menyudahi kutukan tak pernah menang yang sudah berjalan selama 20 tahun (Instagram San Marino)

Ntvnews.id, Jakarta - Tim terburuk di dunia, San Marino akhirnya menyudahi kutukannya. Setelah tidak pernah menang dalam 140 laga, tim yang dijuluki La Serenissima itu akhirnya berhasil mengalahkan Liechtenstein 1-0 pada UEFA Nations League, Jumat (6/9/2024).

Ini adalah kemenangan perdana yang berhasil diraih San Marino selama 20 tahun terakhir. Bertanding di depan pulik sendiri, San Marino unggul lewat gol Nicko Sensoli pada menit ke-53. 

Baca juga: Timnas Indonesia Bikin 'Gaduh' Sepak Bola Arab Saudi: Roberto Mancini Terancam Dipecat!

Para pemain dan pendukung San Marino bersorak menyambut kemenangan tersebut. Maklum terakhir kali San Marino menang adalah tahun 2004 lalu. Saat itu, San Marino juga  mengalahkan Liechtenstein dengan skor yang sama pada sebuah laga persahabatan.   

San Marino merupakan negara mungil yang dikelilingi Italia. Dengan populasi 33 ribu jiwa dan luas wilayah 61 kilometres persegi, San Marino menjadi negara terkecil kelima di dunia.  

Di sepak bola, San Marino sangat jauh tertinggal dan menempati posisi  210 rangking FIFA.

"Pengalaman terburuk adalah ketika kami bertandang ke Belanda pada tahun 2011 lalu, di mana kami kalah 0-11," kata San kapten San Marino, Matteo Vitaioli kepada BBC Sport. 

"Mereka sudah mencetak 8 atau 9 gol saat waktu tersisa masih cukup lama dan saya ingat suporter memberi semangat kepada Belanda untuk mencetak lebih banyak gol," kenangnya. 

Halaman
x|close