Head to Head Indonesia vs Australia: Garuda Sempat Merepotkan di Empat Laga Terakhir

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Sep 2024, 12:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Hariono saat memperkuat timnas Indonesia melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 2009 lalu. Saat itu, Indonesia seri tanpa gol melawan Socceroos. Hariono saat memperkuat timnas Indonesia melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 2009 lalu. Saat itu, Indonesia seri tanpa gol melawan Socceroos. (Socceroos.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Australia menyambangi Indonesia pada lanjutan pertandingan Grup C putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Socceroos datang dengan sejarah yang menjanjikan saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024). 

Sepanjang sejarah, Australia dan Indonesia sudah bertemu sebanyak 16 kali. Sejak pertandingan pertama pada 1967 lalu, Tim Merah Putih baru meraih satu kemenangan atas Socceroos. Sementara sisanya, Australia mampu menang 12 kali dan hanya sekali yang berakhir imbang.

Satu-satunya kemenangan yang diraih Indonesia atas Australia terjadi tahun 1981 lalu. Pada kualifikasi Piala Dunia kala itu, tim Merah Putiih sempat menang dengan skor 1-0.  

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Australia dan Cara Menyaksikan Pertandingannya

Sejak saat itu, Indonesia tidak pernah menang lagi, termasuk dalam empat laga terakhir. Hasil terbaik Garuda hanyalah sekali imbang melawan Socceroos. 

Pada pertemuan terakhir, Indonesia yang sudah ditangani oleh Shin Tae-yong dipermalukan dengan skor 0-4 di babak 16 besar Piala Asia 2023 lalu. Dalam duel yang berlangsung di Jassim bin Hammad Stadium tersebut, gawang Indonesia sudah kebobolan pada menit ke-19 lewat bunuh diri Elkan Baggott. Selanjutnya, Australia menambah gol pada menit ke-45 lewat Martyn Boyle. 

Dua gol lainnya dicetak pada menit akhir oleh Craig Goodwin (89') dan Harry Souttar (90+1). 

Meski demikian, pertandingan di GBK nanti bakal jauh berbeda. Sebab, kekuatan Tim Merah Putih juga jauh berbeda. Saat ini, pasukan Shin Tae-yong diperkuat lebih banyak pemain yang berlaga di luar negeri. Tim Merah Putih juga sudah bisa menurunkan kiper FC Dallas, Maarten Paes. 

Halaman
x|close