Kontingen IKN Muncul di Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Presiden Jokowi Semringah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Sep 2024, 02:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Kontingen IKN saat defile pembukaan PON XXI Aceh-Sumut Kontingen IKN saat defile pembukaan PON XXI Aceh-Sumut (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) tampil pada defile pembukaan Pekan  Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Senin malam (9/9/2024). Mereka muncul di urutan tiga terakhir sebelum Aceh dan Sumatera Utara.

Kontingen IKN dipimpin 8 atlet dan ofisial yang menggunakan baju adat dari berbagai provinsi, di antaranya Kalimantan Timur, Bali, Papua, hingga Jawa Tengah. Sedangkan rombongan di belakangnya memakai pakaian olahraga berwarna merah beraksen warna kuning dan topi putih.

Baca juga: Meriah dan Bersejarah, Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Pukau Penonton

Ketika barisan IKN berjalan di atas panggung defile, Presiden Joko Widodo dan Menpora Dito Ariotedjo tersenyum bangga. Bahkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga melambaikan tangannya seolah-olah menyapa para atlet dan ofisial yang juga sedang menyapa penonton.

Rombongan kontingen IKN juga dapat sambutan meriah dari penonton yang hadir langsung di stadion. Tepuk tangan dan sorakan mengiringi kontingen anyar tersebut selama berjalan.

Diketahui, kontingen IKN mengirimkan 12 atlet dan ofisial untuk mengikuti empat cabang olahraga. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin mengatakan, atlet-atlet itu berlaga dalam cabang olahraga senam, panahan, layar, dan renang.

Ia menerangkan, target utama IKN adalah membawa nama kontingen ini untuk pertama kalinya dalam pesta olahraga multicabang nasional tersebut.

Sebagai informasi, PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi-event nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Halaman
x|close