Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Rafael Struick Tampil Loyo di Laga Indonesia vs Australia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Sep 2024, 08:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Rafael Struick coba saat uji coba melawan Tanzania Rafael Struick coba saat uji coba melawan Tanzania (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Rafael Struick tampil tidak optimal saat Indonesia berhadapan dengan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (9/9/2024) lalu. Dalam laga ini, pemain naturaliasi berdarah Belanda itu digantikan oleh Witan Sulaeman pada babak kedua menit 46.

Pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0. Usai laga, Pelatih Shin Tae-yong pun menyampaikan penyebab Struick tidak terlalu 'menggigit' pada pertandingan tersebut.

Baca juga: Asal Mula Nyanyi Bareng Suporter yang Jadi Ritual Sakral Timnas Indonesia Usai Laga

Menurut STY, Struick memang tidak dalam kondisi 100 persen fit. Sebelum pertandinga, tim pelatih juga sempat ragu untuk menurunkannya. Namun dengan berbagai pertimbangan dan kebutuhan tim, nama pemain ADO Den Haag itu pun tetap dimasukkan ke dalam line up. 

"Rafael memang mengalami cedera setelah melawan Arab Saudi. Kami pertimbangkan apakah dia dimainkan atau tidak, dan akhirnya ia tetap dimainkan. Namun kondisinya kurang baik, makanya dia kurang maksimal," kata Shin tae-yong dalam jumpa pers setelah pertandingan. 

Melawan Australia, Indonesia lebih banyak tampil bertahan sepanjang pertandingan. Ketangguhan Maarten Paes di bawah mistar gawang berhasil mencegah skuad Garuda dari kebobolan. Penjaga gawang FC Dallas itu setidaknya mampu melakukan lima penyelamatan gemilang sepanjang laga. 

Pertandingan pun berakhir dengan skor 0-0. Ini merupakan kali kedua, timnas Indonesia memetik hasil imbang di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong juga berhasil menahan seri Arab Saudi di markasnya dengan skor 1-1. 

Pada persaingan Grup C berikutnya, Timnas Indonesia akan terbang ke Bahrain dan China. Pertandingan akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. 

Halaman
x|close