Mantan Kiper Timnas Hermansyah Cerita Indonesia Nyaris Lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Sep 2024, 18:15
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Mantan kiper timnas Indonesia, Hermansyah dalam acara Sport Cast di NusantaraTV/tangkapan layar NTV Mantan kiper timnas Indonesia, Hermansyah dalam acara Sport Cast di NusantaraTV/tangkapan layar NTV

Ntvnews.id, Jakarta - Capaian timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi dejavu bagi mantan kiper timnas Hermansyah. Langkah tim besutan Shin Tae Yong melaju hingga babak ketiga Zona Asia mengingatkan Hermansyah pada kenangan bersejarah pada 1986 silam. Dipimpin juru taktik Sinyo Aliandoe, Hermansyah dan kawan-kawan kala itu nyaris lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Kenangan manis itu diungkapkan Hermansyah saat hadir menjadi bintang tamu acara Sport Cast di NusantaraTV yang dipandu dua jurnalis senior Ronny Pangemanan dan Boy Noya, Minggu (15/9/2024).

Indonesia saat itu masuk Grup 3B Zona Timur bersama India, Thailand, dan Bangladesh. Indonesia keluar sebagai juara grup dengan sembilan poin hasil dari empat kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah (saat itu menang masih diganjar 2 poin).

Di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 1986, Indonesia ditakdirkan jumpa Korea Selatan dalam format dua leg. Indonesia kalah 0-2 di markas Korea, lalu kalah lebih besar lagi dengan skor 1-4 saat gantian menggelar laga kandang.

Korea akhirnya Korea lolos ke Piala Dunia setelah menang agregat 3-1 atas Jepang.

"Terakhir kita lawan Korea Selatan. Berat karena ada pemain-pemain yang main di Eropa yang memperkuat waktu itu," tutur Hermansyah.

"Pelatihnya Sinyo Aliandoe, Bertje Matulapelwa dan Salmon Nasution," lanjutnya.

Halaman
x|close