Jokowi Ogah Hadiri Penutupan PON Aceh-Sumut, Gegara Amburadul?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Sep 2024, 15:06
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Kawasan Indonesia Islamic Center di Menara Danareksa Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Kawasan Indonesia Islamic Center di Menara Danareksa

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tak menghadiri penutupan PON XXI yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara. Kehadiran Jokowi justru diwakili Menko PMK Muhadjir Effendy.

Jokowi memilih menghadiri acara pernikahan anak dari dari mantan Menteri Sosial yang kini menjadi calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya.

"Oh yang hadir karena ada anu di sini agenda Bu Khofifah, yang datang (penutupan PON) Pak Menko PMK," ujar Jokowi usai kunjungan di Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Jumat (20/9/2024).

Diketahui, anak ketiga Khofifah, Yusuf Mannagalli akan melangsungkan pernikahannya di Masjid Al-Akbar Surabaya siang ini. Jokowi hadir guna menjadi saksi nikah. Sementara penutupan PON XXI hari ini, Jumat (20/9/2024), akan diwakilkan.

Ketua Bidang Acara PON XXI yang juga Kasatpol Pamong Praja Sumut M Mahfullah P Daulay, sempat mengatakan Jokowi akan menghadiri closing ceremony PON XXI.

"Presiden RI tiba 19.45 WIB, beliau tiba di sisi pintu barat dan memasuki area transit sebelum masuk ke VVIP royal box. Beliau akan menaiki lift dan tiba di lokasi VVIP royal box," ujar Mahfullah, Selasa (17/9/2024).

Diketahui, penyelenggara PON kali ini jadi sorotan. Ini terjadi, salah satunya akibat viral di media sosial video yang memperlihatkan jalanan berlumpur di sekitar venue GOR untuk cabang olahraga voli di Sumatra Utara (Sumut). Menyusul hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membuat laporan ke Kejaksaan Agung dan Bareskrim Polri terkait dugaan penyelewengan dana.

Selain itu, viral pula di media sosial plafon venue cabang olahraga menembak yang ambruk, akibat diguyur hujan. Sorotan publik pun kian tajam ke ajang pesta olahraga ini, saat menyaksikan wasit dihajar pemain hingga terkapar, dalam cabang olahraga sepak bola.

x|close