Sebelum Sukses Bawa Como 1907 ke Serie A, Pelatih Osian Roberts Rutin ke Juventus

NTVNews - 15 Mei 2024, 19:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Como 1907, Osian Roberts Pelatih Como 1907, Osian Roberts (Como 1907)

Ntvnews.id, Jakarta - Osian Roberts menjadi pelatih Wales pertama yang sukses mengangkat klub Italia promosi ke Serie A. Pria berusia 58 tahun tersebut baru saja mengantar Como 1907 kembali ke kasta tertinggi sepak bola Italia setelah penantian yang panjang selama 21 tahun.

Roberts mulai menangani Como pada sejak Desember 2023 lalu. Dia ditunjuk sebagai pelatih carataker menggantikan Cesc Fabregas yang harus memperbaharui lisensi kepelatihannya. 

Kehadiran Roberts di Como bukanlah kebetulan. Sebelumnya dia banyak berdiskusi dengan sahabat baiknya, Thierry Henry yang juga adalah pemilik saham di Como 1907. Keduanya berkenalan saat mantan pemain Arsenal itu menyelesaikan kualifikas kepelatihannya di Wales.

Henry juga banyak membantu Roberts saat menangani Como hingga akhirnya promosi. 

Di luar kedekatan dengan petinggi klub, Roberts ternyata penggemar berat Liga Italia. Kedekatannya dengan sepak bola Negeri Pizza bermula dari sosok legendaris John Charles. Selain itu, Roberts juga mengaku banyak belajar dari alenatore-alenatore ternama di Serie A.  

"Saya selalu menikmati menonton Arrigo Sacchi, yang merupakan pelatih Italia legendaris dengan tim nasional dan AC Milan. Dan kemudian pada tahun 90-an, sebagai seorang pelatih muda yang mencoba mengembangkan diri, saya rutin datang ke Juventus untuk belajar dari Marcelo Lippi, salah satu pelatih besar sepakbola Italia dan dunia," ujarnya kepada Ntvnews.id. 

"Jadi, saya selalu memiliki minat dalam sepakbola Italia. Dan kemudian kemudian, ketika Gareth Bale berada di Real Madrid dan Carlo Ancelotti menjadi pelatih kepala, saya beberapa kali mengunjungi untuk juga melihat Ancelotti bekerja," beber Roberts menambahkan. 

Roberts bercerita banyak hal kepada Ntvnews.id terkait perjuangannya membawa Como 1907 kembali ke Serie A. Seperti apa kisahnya, simak wawancara eksklusifnya di bawah ini.

Halaman
x|close