Komposisi Tim Peserta Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Indonesia Diperkuat 4 Pemain Keturunan, Maladewa Malah Banyak Pelajar

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Sep 2024, 17:15
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Striker Timnas Indonesia U-19, Jens Raven Striker Timnas Indonesia U-19, Jens Raven (PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia akan tampil di babak kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tergabung di Grup F, pasukan Indra Sjafri bakal bertemu dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. 

Meski tidak sebanyak timnas Indonesia di level senior, Garuda Nusantara juga diperkuat oleh pemain naturalisasi, yakni Jens Raven. Pemain kelahiran Belanda tersebut kini sudah resmi berstatus sebagai WNI dan sudah mendapa lampu hijau untuk memperkuat timnas Indonesia.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia 2025 

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri mengatakan, kalau di dalam skuadnya sebenarnya terdapat 4 pemain keturunan, termasuk Raven. Hanya saja, tiga pemain lainnya yakni Meshaal Hamzah, Ousmane Camara, maupun Ji Da-bin semuanya bukan produk naturalisasi. Menurut Indra, meski berdarah campuran mereka sejak awal sudah memilih untuk menjadi WNI.  

"Hanya satu yang butuh proses perpindahan kewarganegaraan (Jens Raven)," kata Indra. 

"Yang tiga tidak butuh pindah kewarganegaraan karena mereka itu keturunan dan sejak lahir sudah punya paspor Indonesia," beber Indra dalam jumpa pers, Selasa (24/9/2024).

Seperti diketahui, Meshaal Hamzah merupakan pemain berdarah Sudan dari kedua orang-tuanya yang lahir dan besar di Indonesia sehingga dia memutuskan bergabung dengan skuad Garuda.

Ousmane juga bukan lahir dari keluarga Indonesia. Ayah dan ibunya berdarah Guinea. Dia lahir di Yogyakarta dan tumbuh besar di Indonesia. Dia kemudian memilih memperkuat timnas Indonesia.

Ji Da-bin juga tidak jauh berbeda. Meski punya darah keturunan Korea Selatan, Ji Da-bin lahir di Depok, Jawa Barat, pada 3 Maret 2006. Darah Korea mengalir dari sang ayah bernama Ji Ha-sik.

Lantas bagaimana dengan negara lainnya, apakah mereka juga punya pemain naturalisasi?

"Kami tidak punya pemain naturalisasi, tapi ada keturunan. Ada satu pemain kami yang bapaknya orang Timor tapi tinggal di Australia, dia memohon supaya anaknya bisa main di Timor dan kami beri kesempatan itu," ujar pelatih Timor Leste Gopal Krishnan dalam jumpa pers siang tadi.

Maladewa dipastikan tanpa pemain naturalisasi. Mereka juga terpaksa merombak susunan pemainnya sebelum bertolak ke Indonesia. Langkah ini diambil menyusul banyaknya pemain yang berstatus pelajar di skuadnya. "Jadi mereka harus sekolah dan saya terpaksa mengganti beberapa pemain saya. Itu adalah tantangan berat buat saya," kata Pelatih Maldewa, Ahmed Shakir.

Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025

- Rabu, 25 September 2024

Yaman vs Timor-Leste: 15.00 WIB
Timnas Indonesia vs Maladewa: 19.30 WIB

- Jumat, 27 September 2024

Maladewa vs Yaman: 15.00 WIB
Timor-Leste vs Timnas Indonesia: 19.30 WIB

- Minggu, 29 September 2024

Timor-Leste vs Maladewa: 15.00 WIB
Timnas Indonesia vs Yaman: 19.30 WIB

x|close