Mees Hilgers Munculkan Ingatan Tentang Kisah Timnas Indonesia Menahan MU di Masa Lalu

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Sep 2024, 13:35
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Mees Hilgers saat tampil memperkuat FC Twente melawan Manchester United di Europa League 2024/2025. Mees Hilgers saat tampil memperkuat FC Twente melawan Manchester United di Europa League 2024/2025. (Website FC Twente)

Ntvnews.id, Jakarta - Duel FC Twente melawan Manchester United jadi sorotan fans timnas Indonesia. Maklum, dalam laga ini tampil salah satu calon pemain naturalisasi, Mees Hilgers.  

Hilgers memang belum resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Namun permohonannya sudah mendapat restu dari Presiden RI, Joko Widodo. Artinya, pemain belakang yang baru berusia 23 tahun itu hanya tinggal mengikuti proses sumpah yang rencananya akan digelar di Belanda.

Baca juga: Pelatih FC Twente Puji Mees Hilgers Usai Tahan Imbang Manchester United

Pertandingan FC Twente vs Setan Merah berlangsung di stadion legendaris Old Trafford, Kamis (26/9/2024). Hilgers yang bermain di posisi bek tengah tampil penuh 90 menit dan matchday 1 babak penyisihan Europa League 2024/2025 ini pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Hilgers memang belum resmi menjalani sumpah menjadi warga negara Indonesia. Namun penampilan Mees Hilgers tetap saja menyita perhatian para pendukung tim Merah Putih. 

Bagi sebagian orang, kehadiran Hilgers dalam laga ini juga sekaligus membangkitkan kenangan masa lalu saat timnas Indonesia berhasil menahan imbang Manchester United di Jakarta.

Peristiwa ini diketahui terjadi pada tahun 1975 dalam sebuah turnamen segitiga yang digelar di Jakarta. Selain Setan Merah, hadir juga klub legendaris Ajax Amsterdam sebagai peserta.

Timnas Indonesia yang kala itu bernama PSSI Tamtama diperkuat nama-nama beken seperti Ronny Pasla, Sutan Harhara, Oyong Liza, Andi Lala, sampai Anjas Asmara.

Sementara Manchester United tak banyak membawa pemain intinya. Namun, saat itu masih ada nama Stuart Pearson dan Alex Stepney, figur terkenal di Setan Merah pada era 70-an.

Pertandingan melawan MU berlangsung di Stadion Senayan, pada 1 Juni 1975 di hadapan 70 ribu penonton. Gawang Ronny Pasla sempat dihujani serangan bertubi-tubi pemain Setan Merah. Namun hingga pertandingan berakhir, timnas Indonesia berhasil menahan MU dengan skor 0-0. Dalam laga ini, diketahui kalau manajer MU Docherty juga sempat tampil di dalam lapangan. 

Dua hari berselang, giliran Ajax yang menantang United. Ajax mampu menang dengan skor 3-2. Lalu pada pertandingan penentu yang dihelat Kamis 5 Juni 1975, timnas Indonesia atau PSSI Tamtama menyerah 1-4 dan Ajax pun dinobatkan sebagai juara turnamen tersebut.

MU kembali nyaris bertemu pemain-pemain Indonesia di Jakarta pada 18-21 Juli 2009. Namun bom yang meledak di Ritz Carlton dan JW Marriot membuat pertemuan ini batal terlaksana. 

x|close