Timnas Indonesia U-20 Sudah Kantongi Cara Bila Hadapi Kebuntuan Lawan Timor Leste

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Sep 2024, 15:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri dan Jens Raven. Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri dan Jens Raven. (Dok.Ntvnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Para pemain Timnas Indonesia sempat kesulitan menjebol gawang Maladewa pada laga pertamanya di Grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Rentetan gol baru tercipta di babak kedua hingga akhirnya membawa Garuda Nusantara unggul 4-0. 

Pertandingan ini berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024). Dalam pertandingan ini, pasukan Indra Sjafri tampil dominan sejak babak pertama. 

Baca juga: Timnas Indonesia U-20 Menang 4-0 atas Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Hanya saja, keran gol Garuda Nusantara baru terbuka di babak kedua. Empat gol Garuda Muda dicetak Aditya Warman (52'), Figo Dennis (55'), Tony Firmansyah (57'), Jens Raven (66). 

"Pertama, tentu terima kasih ke perjuangan pemain, yang kedua ini pertandingan pertama kita yang saya lakoni yang dengan lawan yang seperti ada perbedaan kualitas tapi ini paling lama golnya biasanya di babak pertama ada gol," kata pelatih Indonesia, Indra Sjafri seusai laga.

Indra Sjafri membenarkan kalau timnya sulit memaksimalkan peluang di babak pertama. Dia pun memutuskan untuk mengganti formasi dari 3-4-3 ke 3-5-2 untuk variasi serangan.

"Dan memang tim pelatih berdiskusi, di babak kedua kita melakukan pergantian pemain dan juga melakukan pergantian strategi," kata Indra usai pertandingan dikutip dari situs PSSI.

"Dan bukan pertandingan babak pertama kita bermain jelek, enggak. Tetapi sepertiga lapangan depan kita selalu mentok dengan Maladewa yang bertahan dengan sangat dalam. Untung saja mereka counter attack-nya bisa kita antisipasi. Kita kalah orang di tengah dan di babak kedua kita ganti dengan 3-5-2 dan sirkulasi bola lebih cepat dan banyak peluang untuk bisa cetak gol. Tetapi tim pelatih tadi menggarisbawahi finishing kita masih belum maksimal," sambung Indra Sjafri.

Setelah bertemu Maladewa, Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste pada Jumat (27/9) mendatang di tempat yang sama. Sebelumnya Timor Leste kalah 1-3 melawan Yaman. Apakah Indra akan menggunakan taktik yang sama untuk memenangkan pertandingan kedua? 

"Setelah ini, kita melawan Timor Leste. Kita tetap waspadai dan tidak boleh meremehkan mereka. Timor Leste punya dua-tiga pemain-pemain yang secara individu bagus dan saya pikir kita punya pengalaman di (Piala) AFF (U-19) kemarin menghadapi mereka," kata Indra Sjafri.

x|close