Profil Jorge Martin, Pemenang Balapan MotoGp 2024 di Sirkuit Mandalika

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Sep 2024, 12:10
Zaki Islami
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Pembalap MotoGp, Jorge Martin Pembalap MotoGp, Jorge Martin (IG: Jorge Martin)

Ntvnews.id, Jakarta - Pembalap asal Spanyol dan Tim Pramac Ducati, Jorge Martin berhasil naik podium usai finis di peringkat pertama dalam MotoGp di Sirkuit Mandalika pada Minggu siang kemarin, 29 September 2024.

Jorge Martin yang mengawasi posisi pertama mampu mempertahankan hingga garis finis dengan balapan sebanyak 27 dan serta menyatakan waktu 41 menit 4,389 detik.

Dengan kemenangan ini, membuat Jorge Martin berada di puncak klasemen MotoGp 2024 dengan 336 poin, sedangkan di peringkat kedua ditempat pembalap asal Italia dan sang juara bertahan yaitu Francesco Bagnaia dengan 345 poin.

- Profil Jorge Martin

Jorge Martin keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2024 <b>(MotoGP)</b> Jorge Martin keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2024 (MotoGP)

Memiliki nama lengkap Jorge Martin Almoguera yang lahir pada 29 Januari 1998 di Madrid yang artinya kini sudah berusia 26 tahun. Ia merupakan pembalap profesional yang kini berlaga di MotoGp dan bergabung bersama Tim Pramac Racing.

Jorge Martin memulai karir balapnya dengan sukses di Red Bull Rookies Cup 2012, di mana ia menunjukkan bakat luar biasa dengan meraih kemenangan dan podium secara konsisten. Setahun kemudian, pada 2013, Jorge Martin berhasil meraih posisi runner-up.

Setelah itu, pembalap Spanyol ini tampil dominan dan meraih gelar juara. Keberhasilan tersebut diikuti dengan debut penuh musim di Kejuaraan Dunia Moto3 bersama Mahindra Mapfre Aspar, di mana ia menempati posisi ke-17.

Jorge Martin bergabung dengan Del Conca Gresini Racing Moto3 pada 2017 untuk menggantikan Enea Bastianini dan berhasil meraih sembilan podium yang mengesankan. Meskipun mengalami cedera di pertengahan musim, ia berhasil mencetak kemenangan pertamanya di GP Valencia, yang mengantarkannya ke peringkat keempat klasemen akhir.

Saat musim 2018, karir balap Jorge Martin semakin bersinar. Ia berhasil mengalahkan Marco Bezzecchi dalam perebutan gelar Moto3 dengan total tujuh kemenangan. Meskipun menghadapi beberapa cedera dan tantangan dalam beradaptasi, Jorge Martin telah menunjukkan potensi besar di MotoGP.

x|close