Crazy Rich Thailand Madam Pang Ikut Bangga Timnas Indonesia Tampil di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Okt 2024, 07:37
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Nualphan Lamsam alias Madam Pang, Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand Nualphan Lamsam alias Madam Pang, Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (Instagram Nualphan Lamsam)

Ntvnews.id, Jakarta - Preisden Federasi Sepak Bola Thailand, Nualphan Lamsam ikut bangga melihat timnas Indonesia bisa tampil di putaran 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Merah Putih seperti diketahui jadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang tersisa di fase ini. 

Dalam pertemuan dengan Erick Thohir, Nualphan Lamsam yang juga populer dengan sebutan Madam Pang itu mengaku 'iri' dengan sikap FIFA yang membangun kantor di Indonesia. Madam Pang juga berharap Thailand dan Indonesia bisa membangun kerjasama ke depannya. 

Baca juga: PSSI Jalin Kerjasama dengan KNVB, Sepak Bola Indonesia Kian Kental 'Aroma' Belanda

"Sebagai teman dalam satu kawasan Asia Tenggara, saya harus mengatakan saya secara pribadi sangat bangga kepada Indonesia yang berjuang pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia," kata Madame Pang dalam cuplikan video di akun instagram @erickthohir, Rabu (3/10/2024).

"Saya pikir kita bisa melakukan sesuatu untuk dibagi antara menandatangani suatu nota kesepahaman antara Thailand dan Indonesia di banyak sisi," sambung Madam Pang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Sementara itu, Erick menjelaskan, pihaknya mentransformasi sepak bola Indonesia melalui pembenahan liga sebagai aset terbesar dan aset terpentingnya adalah Timnas Indonesia.

Pemerintah, asosiasi, dan FIFA, kata dia, membuat program transformasi sepak bola Indonesia.

"Saya membuat roadmap dan strategi lalu kami berikan kepada FIFA dan pemerintah dan disetujui Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden RI Joko Widodo setuju," kata Erick.

Siapa Madam Pang?

Madam Pang merupakan sosok yang sangat berpengaruh pada sepak bola Thailand. Wanita kaya raya ini juga sudah tidak asing di mata pecinta sepak bola di Tanah Air. Dalam beberapa tahun terakihr, sosoknya selalu mencuri perhatian saat Indonesia bertemu dengan timnas Thailand

Salah satunya pada AFF 2020 lalu. Saat itu, sosok Madam Pang sangat menonojol.

Di setiap pertandingan, Madam Pang selalu berada di bench pemain Thailand. Sesekali dia ikut bersorak dan berlari ke pinggir lapangan saat Gajah Perang mencetak gol. 

Madam Pang bukan sekadar pelengkap di skuad Gajah Perang. Dia justru sosok sentral dalam menjaga semangat bertanding timnas Thailand. Madam Pang bahkan tidak segan-segan menggelontorkan uang dari kantongnya sendiri untuk memberi bonus bagi pasukannya. 

Janjikan Bonus Berlimpah

Di Piala AFF 2020 contohnya. Dia menjanjikan bonus berlimpah bagi Timnas Thailand. Dari kantongnya, Madam Pang bersedia menggelontorkan 20 juta baht atau setara dengan Rp8,4 Miliar bila timnya juara. Jumlah ini dua kali lipat lebih besar dari hadiah Piala AFF 2020, yang hanya mencapai Rp4,2 Miliar. Tidak berhenti sampai di situ saja. Madam Pang masih bergerilya mencari tambahan. Hasilnya, sehari setelah timnas Thailand memastikan tempat di final Piala AFF 2020, Madam Pang mengumumkan tambahan sebesar 6 juta baht yang didapat dari saweran sana-sini.

Thailand akhirnya keluar sebagai juara usai mengalahkan Indonesia di final dengan agregat 6-2.

Madam Pang baru saja ditunjuk sebagai presiden Federasi Sepak Bola Thailand. Dia dipilih menggantikan posisi Somyot Poompanmoung yang telah memimpin sejak 2016 lalu.   

Bukan Orang Baru

Nualphan Lamsam, presiden asosiasi sepak bola Thailand <b>(Instagram Nualphan Lamsam)</b> Nualphan Lamsam, presiden asosiasi sepak bola Thailand (Instagram Nualphan Lamsam)

Madam Pang sebenarnya bukanlah sosok baru bagi sepak bola Thailand. Seperti dilansir dari Bangkok Post, sebelum ditunjuk sebagai manajer timnas U-23 dan timnas senior Timnas Thailand, Madam Pang cukup lama menjadi manajer timnas wanita Negeri Gajah Putih.

Madam Pang juga pernah klub Liga Thailand, Port Football Club. Di bawah kendali Madam Pang, timnya tidak hanya sukses dari sisi pretasi, tapi juga finansial, manajemen, hingga organisasi.

Pada 23 Agustus 2021 lalu, Madam Pang dipercaya sebagai manajer timnas putra Thailand. Dia menjadi wanita pertama yang menduduki posisi itu sepanjang sejarah sepak bola Gajah Putih.

Tajir Melintir

Di luar sepak bola, Madam Pang dikenal sebagai generasi kelima dari dinasti Thailand-China, Lamsam. Nama keluarganya, Lamsam dalam bahasa sehari-hari Thailand berarti kaya raya.

Jadi boleh dikatakan, Madam Pang memang sudah kaya raya sejak lahir.

Madam Pang lahir di Bangkok, 21 Maret 1966. Ayahnya Photipong Lamsam, merupakan politisi kawakan dari Partai Demokrat. Sementara ibunya, adalah pemilik saham, Muang Thai Insurance Plc. Keluarga Lamsam adalah pendiri Kaikorn Bank, salah satu bak terbesar di Thailand. 

Selain sebagai pebisnis, ibu satu putri itu juga sempat berkecimpung di dunia politik. Dia tercatat pernah menjabat sebagai asisten sekretaris jenderal Partai Demokrat, pada tahun 2006-2016.

x|close