Maarten Paes Cedera Jelang Laga Timnas Indonesia, Ernando Ari Enggan Berspekulasi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Okt 2024, 16:08
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (Twitter: FC Dallas)

Ntvnews.id, Jakarta - Ernando Ari berharap rekan setimnya di timnas Indonesia, Maarten Paes segera pulih. Pemain FC Dallas itu seperti diketahui mengalami cedera pergelangan kanan hingga tidak bisa tampil saat timnya berhadapan dengan San Jose Earthquake, Rabu (2/10/2024) lalu.

Dalam laga itu, posisi Paes digantikan oleh J Maurer. FC Dallas melalui situs resminya kemudian menyampaikan kalau penjaga gawang berusia 26 tahun itu terpaksa diparkir karena cedera.  

Baca juga: Maarten Paes Beri Bocoran Mengenai Cedera Pergelangan yang Menimpanya

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji telah menghubungi Paes dan menanyakan kondisinya. Menurut Sumardji, cedera yang menimpa Paes tidak terlalu parah dan sedang dalam proses pemulihan. PSSI juga akan tetap membawa Paes dalam lawatan ke Bahrain dan China. 

Ernando Ari sebenarnya enggan berkomentar banyak tentang kondisi Paes. Meski demikian, dia tetap beharap agar mantan penjaga gawang NEC Nijmegen tersebut bisa segera pulih. 

"Maarten Paes akan sembuh kok, Insya Allah pasti dan kita saling support kok satu sama lain," kata Ernando usai menjalani latihan bersama Persebaya Surabaya, Kamis (3/10/2024). 

Ernando Ari awalnya adalah kiper utama timnas Indonesia. Namun sejak kedatangan Maarten Paes, pria berusia 22 tahun itu lebih banyak berada di bangku cadangan. Dalam dua laga terakhir melawan Arab Saudi dan Filipina, pelatih timnas Shin Tae-yong lebih percaya kepada Paes.

Meski demikian, Ernando tidak alergi dengan kehadiran Paes. Sebaliknya, dia mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kehadiran kiper berpostur 1,91 meter tersebut.  

"Bagus-bagus, persaingan bagus dan saya bisa dapat ilmu banyak dari dia. Dia juga ajarin , apapun yang saya butuhkan. Saya juga selalu tanya dia bagaimana menghadapi situasi seperti ini dan saya selalu terbuka dengan dia," kata Ernando tentang  hubungannya dengan Paes. 

Ernando juga enggan ambil kesempatan dari cedera Maarten Paes. Menurutnya, siapapun yang dipercaya untuk tampil pada pertandingan nanti adalah yang terbaik untuk kebutuhan tim. 

"Saya tidak mau termakan berita yang belum tahu benar adanya. Kan kita belum kumpul. Belum kumpul jadi aku enggak mau itu (komentari soal itu)," ujar Ernando saat ditanya mengenai peluangnya kembali jadi starter menyusul cedera yang menimpa Maarten Paes.  

Indonesia akan berhadapan dengan Bahrain (10/10/2024) dan Cina (15/10/2024) pada laga lanjutan putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Saat ini, pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 27 nama, termasuk Ernando dan Paes. Selain itu, Shin Tae-yong juga memangil dua pemain naturalisasi baru, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat grup F dengan dua poin. Sebelumnya, Skuad Garuda berhasil menahan imbang Arab Saudi dan Australia dengan skor 1-1 dan 0-0. 

   

x|close