Kompetitif di FP 1 MotoGP Jepang, Marc Marquez Sudah Tidak Berambisi Kejar Gelar Juara Musim Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Okt 2024, 17:28
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Marc Marquez finis kedua pada MotoGP Prancis 2024 Marc Marquez finis kedua pada MotoGP Prancis 2024 (MotoGP.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Marc Marquez sudah menyerah dalam perburuan gelar juara MotoGP musim ini. Hasil buruk yang dialaminya di MotoGP Indonesia pekan lalu membuat harapannya untuk mengejar dua pemuncak klasemen sementara, Jorge Martin semakin terkikis.  

Seperti diketahui, usai sprint race di Mandalika Marquez masih terpaut 50 poin dari Martin. Namun kerusakan mesin yang dialami pada balapan utama membuat jarak keduanya jadi 75 poin. 

Baca juga: Mesin Motor Meledak di MotoGP Mandalika, Marc Marquez Keluhkan APAR yang Kurang Mumpuni

MotoGP 2024 sebenarnya masih menyisakan lima seri lagi termasuk GP Jepang akhir pekan ini. Artinya secara matematis, Marquez masih bisa bersaing mengejar gelar juara dunia. Hanya saja, The Baby Allien memilih lempar handuk. Menurutnya, persaingan kini hanya Jorge Martin dan Francesco Bagnaia yang menempati urutan pertama dan kedua klasemen.

"Saya pikir begitu," katanya saat ditanya apakah kejuaraan berada di antara Martin dan Bagnaia seperti dilansir dari Crash. "Saya pikir keduanya bersaing ketat, terutama karena mereka sedikit lebih cepat dibanding pembalap lain," beber juara dunia delapan kali itu menambahkan. 

Sejak memenangi GP Aragon, Marquez telah mengatakan bahwa targetnya untuk musim 2024 telah tercapai, dan karena itu tidak terlalu melihat dirinya dalam perebutan gelar.

Baginya tujuan utamanya saat ini, adalah meningkatkan konsistensinya dalam kualifikasi dan dan menyelesaikan tahun dengan kuat, terutama setelah tiga kecelakaan Q2 berturut-turut. 

"Saya akan mencoba, seperti yang saya katakan sebelum Mandalika dan Misano, menyelesaikan musim dengan baik, mencoba menemukan konsistensi dan mencoba memperbaiki titik-titik lemah saya," tambahnya. "Mari kita lihat apakah kami bisa berjuang untuk podium,” bebernya. 

Hal yang sama juga menipa pembalap Ducati lainnya, Enea Bastianini. Kecelakaan yang dialaminya membuat jarak yang tadinya hanya 53 poin saat ini melebar menjadi 78 poin. 

Meski demikian, Bastianini tidak 'sepesimistis' Marc Marquez. "Jarak dalam kejuaraan semakin besar, tetapi secara matematis bukan tidak mungkin," kata Bastianini percaya diri. 

Jorge Martini seperti diketahui masih berada di puncak klasemen MotoGP 2024 dengan torehan 366 poin. Sedangkan Enea Bagnaia membuntuti di tempat kedua dengan 345 poin. Bastianini berada di urutan ketiga dengan 291 poin, disusul Marc Marquez di posisi 4 dengan 288 poin.   

Sementara itu, MotoGP Motegi Jepang sudah menyelesaikan latihan bebas (FP) 1 pada Jumat pagi (4/10/2024). Bagnaia melesat terdepan dengan catatan waktu 1 menit 45,209 detik. 

Jorge Martin menyusul di tempat kedua dengan selisih 0.109. Sementara Marc Marquez masih berada di tempat ketiga dengan catatan waktu 0.572 lebih lambat dari Bagnaia. 

Hasil FP 1 MotoGP Jepang

F. Bagnaia 1 menit 45,209 detik.
J. Martin +0.109.
F. di Giannantonio +0.380.
M. Marquez +0.572.
J. Miller +0.573.
M. Bezzecchi +0.705.
J. Mir +0.726.
J. Zarco +0.740.

x|close