Fakta Menarik Bahrain National Stadium, Lokasi Duel Timnas Indonesia vs Bahrain: Pernah Dikunjung Paus Fransiskus Seperti GBK

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Okt 2024, 12:10
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Bahrain National Stadium di Riffa, akan jadi lokasi duel Timnas Indonesia melawan Bahrain pada putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Bahrain National Stadium di Riffa, akan jadi lokasi duel Timnas Indonesia melawan Bahrain pada putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Mecreeled)

Ntvnews.id, Jakarta - Bahrain National Stadium bakal jadi arena pertarungan timnas Indonesia pada laga ketiga putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Gruda akan bertemu tuan rumah Bahrain pada Kamis malam (10/10/2024), kick off pukul 23.00 WIB.

Stadion berkapasitas 24 ribu ini terletak di kota Riffa. Dibangun pertama kali pada tahun 1982 sebelum kemudian direnovasi pada Desember 2012 untuk perhelatan Arabian Gulf Cup ke-21. 

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Bahrain vs Timnas Indonesia Malam Ini, Main Jam Berapa?

Bagi suporter Indonesia, Bahrain National Stadium adalah mimpi buruk. Pasalnya, skuad Merah Putih pernah menelan kekalahan 0-10 di sana. Kekalahan memalukan itu terjadi saat Indonesia bertemu tuan rumah Bahrain pada 29 Februari 2012 saat laga kualifikasi Piala Dunia 2014. 

Penampakan Bahrain International Stadium pernah diunggah oleh kelompok suporter Garuda Bahrain. Lewat akun Instagram-nya, mereka memperlihatkan markas The Reds Gurun. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anwar Jumma (@anwarjumma)

Dalam video tersebut, tampak lokasi Bahrain National Stadium yang rapi dan bersih. Ciri khasnya terlihat dari atap stadion berwarna merah yang identik dengan warna khas timnas Bahrain. 

Bila dibandingkan dengan stadion kebangaan Indonesia, Gelora Bung Karno, Bahrain National Stadium tentu kalah kapasitas. Sebab GBK bisa menampung hingga 70 ribu penonton. Saat Indonesia menjamu Australia bulan lalu, GBK kabarnya dipadati hingga 80 ribu penonton.

Meksi demikian, ada sedikit kesamaan kedua stadion ini. Ya, baik Bahrain National Stadium maupun GBK sama-sama pernah dikunjungi oleh pimpinan tertinggi Katolik, Paus Fransiskus.

Umat Katolik memadati Bahrain National Stadium di Riffa, Bahrain saat kunjungan apostolik Paus Fransiskus pada tahun 2022 lalu. <b>(Website Vatikan)</b> Umat Katolik memadati Bahrain National Stadium di Riffa, Bahrain saat kunjungan apostolik Paus Fransiskus pada tahun 2022 lalu. (Website Vatikan)

Dilansir dari situs Vatikan, Paus diketahui berkunjung ke Bahrain National Staidum pada 5 November 2022 lalu. Paus juga memimpin misa pada hari ketiga Perjalanan Apostoliknya saat itu.

Laporan TRTworld menyebutkan, sekitar 30 orang menghadiri misa agung tersebut.

Tahun ini, giliran Indonesia yang jadi lokasi kunjungan apostolik Paus Fransiskus. Seperti halnya saat menyambangi Bahrain, Paus juga menggelar missa agung di GBK pada Kamis (5/9/2024). Acara ini dihadiri lebih dari 70 ribu umat, termasuk mereka yang berada di Stadion Madya. 

Biodata Singkat Bahrain National Stadium

Nama: Bahrain National Stadium
Lokasi: Riffa, Bahrain
Kapasitas: 24,000
Permukaaan Lapangan: Rumput
Tahun dibangun: 1981
Dibuka: 1982
Biaya Pembangunan: 152 juta USD

x|close