Australia Tekuk China 3-1 di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Okt 2024, 21:39
Alber Laia
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Timnas Australia. Timnas Australia. (Socceroos)

Ntvnews.id, Jakarta - Australia mencatatkan kemenangan perdana di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menundukkan China 3-1 dalam laga yang digelar di Stadion Oval, Adelaide, Kamis (10/10/2024).

Kemenangan ini membawa The Socceroos naik ke posisi kedua klasemen dengan empat poin dari tiga laga, sementara China tetap berada di dasar klasemen tanpa poin.

Baca Juga:

Prabowo Sambut Menhan Slovakia, Bahas Alutsista Teknologi Tinggi

Kevin Diks Tiba di Indonesia, Jalani Proses Naturalisasi untuk Timnas?

Jalannya Pertandingan

Meski tampil dominan sejak awal, Australia justru dikejutkan oleh gol cepat China pada menit ke-20.

Lewat skema serangan balik, Xie Wenneng sukses memanfaatkan umpan sundulan dari Zhang Yuning dan membawa China unggul 1-0.

Gol ini menjadi momen kejutan bagi publik tuan rumah yang mengharapkan kemenangan mudah bagi Australia.

Namun, keunggulan China tak bertahan lama. Australia terus menekan pertahanan lawan dan berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama.

Tendangan bebas Craig Goodwin dimanfaatkan dengan baik oleh Lewis Miller yang mencetak gol lewat sundulan terarah, mengubah skor menjadi 1-1 sebelum turun minum.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??????????????? (@chinafootballassociation)

Di babak kedua, Australia kembali tampil menekan. Usaha mereka berbuah hasil di menit ke-53 ketika Craig Goodwin mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti.

Berawal dari umpan Jackson Irvine, Goodwin melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau kiper China, Wang Dalei, membuat Australia berbalik unggul 2-1.

Meskipun China berusaha bangkit, Australia tetap mengontrol jalannya pertandingan. Mereka hampir menambah gol lewat upaya Miller, namun sayangnya tendangan tersebut melenceng tipis dari gawang.

Kemenangan Australia akhirnya dipastikan di masa tambahan waktu babak kedua (90+2) saat Nishan Velupillay memanfaatkan kemelut di depan gawang untuk mencetak gol ketiga bagi timnya.

Dengan hasil ini, Australia berada dalam posisi yang lebih baik di Grup C menjelang laga selanjutnya melawan Jepang pada pekan depan.

Di sisi lain, China harus bekerja keras memperbaiki performa mereka saat menjamu Indonesia pada laga yang sama.

x|close