Shin Tae-yong: Wasit Memalukan!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 09:30
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Shin Tae-yong geram dengan kepemimpinan wasit dalam pertandingan Bahrain vs Indonesia saat kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, tadi malam. Pelatih Timnas Indonesia itu menganggap kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf, sangatlah memalukan.

"Para pemain Indonesia dan Bahrain tampil luar biasa sampai akhir pertandingan. Tapi saya masih ingin menyampaikan hal memalukan soal keputusan wasit," ujar Shin dalam konferensi pers.

Shin menyoroti waktu pertandingan yang melewati batas tambahan waktu yang telah ditetapkan. Ia juga mempersoalkan tendangan bebas yang diberikan wasit kepada Bahrain. Atas itu semua, kata Shin wajar apabila Tim Garuda murka dengan wasit Ahmed.

"Jika Anda semua menonton pertandingan ini, maka Anda akan paham mengapa semua pemain kami marah. Anda tahu tambahan waktu enam menit, tapi malah berjalan lebih dari sembilan menit. Anda tahu keputusan wasit semuanya bias, semua pemain Bahrain meminta free kick ketika kami melakukan pelanggaran," tuturnya.

"Anda pasti tahu kenapa para pemain kami marah besar," imbuh Shin.

Shin Tae-yong pun meminta ada tindakan yang diambil federasi terhadap aksi wasit Ahmed. 

"Jika AFC ingin lebih baik, maka wasit juga harus bisa memutuskan dengan baik," kata dia.

Diketahui, dalam pertandingan di Bahrain International Stadium tersebut, Indonesia tertinggal lebih dulu oleh gol Mohammed Marhoon di menit ke-15. Walau demikian, Ragnar Oratmangoen berhasil menyamakan skor di menit ketiga injury time babak pertama.

Selanjutnya, Rafael Struick membawa Indonesia unggul 2-1 pada menit ke-74. Kemenangan di depan mata itu sirna usai Marhoon mencetak gol keduanya pada menit ke-98, yang membuat skor akhir pertandingan menjadi 2-2.

Gol itu diprotes oleh kubu Indonesia. Sebab, injury time ditetapkan diberikan hanya sampai enam menit. Sementara wasit Ahmed Al Kaf, baru meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di menit ke-99, atau tiga menit lebih lama dari waktu injury time. 

Keputusan Ahmed ini menuai protes keras kubu Indonesia di akhir laga yang berujung kartu merah untuk manajer Timnas Sumardi. Para pemain pun sempat menggugat keputusan itu.

Dengan hasil ini, Indonesia yang baru meraih tiga hasil imbang tertahan di posisi kelima Klasemen Grup C dengan tiga poin. Pertandingan selanjutnya, Timnas akan menghadapi China pada Selasa (15/10/2024) malam WIB.

x|close