Laga Bahrain vs Indonesia Disorot, Pengamat: Wasit Buat Keputusan Tak Akurat di Sepanjang Pertandingan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 12:35
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Maarten Paes dan Jay Idzes, dua barisan pertahanan timnas Indonesia Maarten Paes dan Jay Idzes, dua barisan pertahanan timnas Indonesia (2024 Asian Football Confederation (AFC))

Ntvnews.id, Jakarta - Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengkritisi kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Bahrain dan Indonesia, yang berakhir imbang 2-2.

Menurut Kusnaeni, sejumlah keputusan wasit, termasuk tambahan waktu yang melewati enam menit, sangat mengecewakan.

Namun, ia juga menekankan pentingnya evaluasi internal dalam skuad Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kebakaran Hebat di Jembatan Besi, 22 Unit Damkar Dikerahkan ke Lokasi

"Kepemimpinan wasit laga Bahrain lawan Indonesia memang mengecewakan. Bukan semata terkait tambahan waktu di akhir babak kedua, tapi ada lagi sejumlah keputusan kurang akurat yang dibuatnya sepanjang pertandingan," ujarnya dikutip dari Antara.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Kamis (10/10), Indonesia sempat memimpin 2-1 sebelum akhirnya Mohamed Marhoon mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+9, meski wasit hanya memberikan tambahan waktu enam menit. Hal ini memicu kontroversi, dan banyak pihak menilai keputusan wasit merugikan Timnas Indonesia.

Wasit Ahmed Al Kaf <b>(Twitter)</b> Wasit Ahmed Al Kaf (Twitter)

Meski hasil imbang tersebut tidak dapat diubah, Kusnaeni mendukung langkah PSSI yang berencana mengajukan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Ia menyarankan agar PSSI bersurat untuk menunjukkan ketidakpuasan terhadap kinerja wasit dan meminta peninjauan rekam jejak wasit dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya.

"Tidak ada salahnya PSSI bersurat kepada AFC untuk menunjukkan ketidakpuasan kita. Sekaligus meminta agar penunjukan wasit di laga-laga selanjutnya juga mempertimbangkan rekam jejak wasit yang bersangkutan saat memimpin timnas Indonesia," katanya.

Sementara itu, anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, menegaskan bahwa PSSI akan mengajukan protes resmi terkait keputusan wasit yang dianggap merugikan Timnas Indonesia dalam pertandingan tersebut.

Namun, Kusnaeni juga menyoroti bahwa evaluasi internal timnas tetap penting, terutama mengenai konsistensi fokus pemain hingga akhir laga. Ia mengingatkan bahwa Indonesia sudah beberapa kali kebobolan di menit-menit akhir dalam pertandingan sebelumnya.

"Meskipun ada peran kontroversial wasit, gol (penyama kedudukan Bahrain) itu juga terjadi akibat pemain kurang mampu menjaga fokus sampai akhir laga. Ini juga pernah terjadi di beberapa laga sebelumnya di mana gawang Indonesia kebobolan di menit-menit akhir," ucapnya.

"Ke depan, pelatih harus bisa memastikan pemain bisa menjaga fokus sampai peluit panjang berbunyi. Kelengahan di menit-menit akhir pertandingan harus dihindari," katanya.

x|close