Profil Salman bin Ebrahim Al Khalifa, Presiden AFC Asal Bahrain yang Lagi Viral!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 15:12
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Asian Football Confederation (AFC), Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa Presiden Asian Football Confederation (AFC), Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa (Dok.AFC)

Ntvnews.id, Jakarta - Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa adalah nama yang tidak asing di dunia sepak bola, baik di tingkat Asia maupun internasional.

Sebagai Presiden Asian Football Confederation (AFC) selama lebih dari satu dekade, Salman telah memainkan peran penting dalam mengembangkan dan memajukan sepak bola di kawasan Asia.

Berikut adalah profil singkat dan menarik tentang perjalanan kariernya.

Salman lahir pada 2 November 1965 di Riffa, Bahrain. Sebagai anggota keluarga Kerajaan Bahrain, Salman mendapatkan pendidikan yang baik, meraih gelar sarjana di bidang Sastra Inggris dan Sejarah dari Universitas Bahrain pada tahun 1992.

Pengalamannya dalam sepak bola dimulai pada tahun 1998, ketika ia menjabat sebagai Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Bahrain.

Baca Juga:

Korut Kembali Luncurkan 40 Balon Sampah ke Korsel

Kembali Dibuka, Museum Nasional Indonesia Tampil dengan Wajah Baru

Karier Salman bin Ebrahim Al Khalifa di dunia sepak bola semakin bersinar ketika ia terpilih sebagai Presiden Asosiasi Sepak Bola Bahrain pada tahun 2002.

Pada Mei 2013, ia terpilih sebagai Presiden AFC. Dalam posisi ini, ia juga secara otomatis menjadi anggota Komite Eksekutif FIFA, memperkuat pengaruhnya di pentas sepak bola dunia.

Ibrahim Al Khalifa Presiden AFC <b>(AFC)</b> Ibrahim Al Khalifa Presiden AFC (AFC)

Sebagai pemimpin AFC, Salman dikenal sebagai sosok yang berani mengambil langkah-langkah signifikan. Salah satu kebijakan yang paling kontroversial adalah perubahan aturan yang menyebabkan Pangeran Ali bin Hussein dari Yordania kehilangan jabatannya sebagai perwakilan Asia di Komite Eksekutif FIFA.

Pada Kongres AFC ke-33, ia terpilih kembali secara aklamasi untuk masa jabatan ketiga yang berlaku hingga tahun 2027.

Meskipun begitu, pada tahun 2016, Salman bin Ebrahim Al Khalifa mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA, bersaing dengan Gianni Infantino dan Pangeran Ali bin Hussein. Sayangnya, ia kalah dalam dua putaran pemilihan tersebut.

x|close