BIOSFERUN Promosikan Cagar Biosfer di Kawasan Borobudur

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Okt 2024, 11:31
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Biosferun Biosferun (Ntvnews.id)

Ntvnews.id, DIY - Ajang pariwisata berbasis olahraga (sports tourism) "BIOSFERUN" digelar Minggu, 13 Oktober 2024. BIOSFERUN berlangsung di Lapangan Desa Pagerharjo, DIY, dan terdapat tiga kategori yakni 5K, 10K, dan 21K. Para peserta terdiri dari berbagai nusantara, bahkan beberapa wisatawan luar negeri.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) dan Nusantara TV sebagai salah satu upaya mempromosikan cagar biosfer yang ada di kawasan pariwisata Borobudur. 

Ajang lari tahunan ini menggabungkan olahraga dengan wisata dengan melewati cagar biosfer Cagar Biosfer Merapi Merbabu Menoreh di Magelang, Jawa Tengah.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Agustin Peranginangin, menjelaskan BIOSFERUN merupakan pengembangan dari event Forest Run yang diselenggarakan BPOB pada tahun 2022 dan 2023.

Biosferun 2024 <b>(Ntvnews.id/Agus Setiawan)</b> Biosferun 2024 (Ntvnews.id/Agus Setiawan)

Lebih lanjut, kawasan pariwisata Borobudur ini memiliki banyak warisan dunia salah satunya ada juga cagar biosfer. Terdapat dua cagar biosfer di kawasan pariwisata Borobudur yang telah ditetapkan UNESCO yakni Merapi Merbabu, dan Menoreh, serta Karimunjawa, Jepara Muria di pantai utara jawa.

Melalui event sports tourism berbasis komunitas ini diharapkan dapat memperkenalkan kawasan Biosfer Merapi Merbabu Menoreh sebagai destinasi pariwisata.

Acara ini didukung oleh PLN Mobile, Pertamina, Telkom Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Permodalan Nasional Madani, PT Kereta Api Indonesia (Persero), Inifit, ID FOOD, dan SanQua.

x|close