Jordi Amat Tinggalkan Timnas Indonesia karena Cedera, Rizki Ridho Jadi Pemain Inti Lawan China?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 01:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Bek timnas Indonesia harus meninggalkan tim jelang laga melawan China akibat cedera engkel. Bek timnas Indonesia harus meninggalkan tim jelang laga melawan China akibat cedera engkel. (PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Jordi Amat harus meninggalkan timnas Indonesia yang akan berhadapan dengan China pada Selasa (15/10/2024). Jordi tidak bisa tampil dalam laga ini akibat cedera. 

Jordi baru sekali tampil di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yakni saat bertemu Bahrain. Dalam duel ini, pemain Johor Darul Ta'zim itu hanya bertahan satu babak. Di babak kedua, posisinya kemudian digantikan oleh Rizki Ridho yang tampil hingga menit terakhir.

Baca juga: Jelang Lawan China, Maarten Paes Ungkap Kunci Pertahanan Kokoh Timnas Indonesia

Saat bertemu Arab Saudi dan Australia, Jordi juga menepi karena cedera. Nasib yang sama kembali menimpanya ketika mempersiapkan diri menghadapi timnas China di Qingdao.

Setelah sesi makan siang tim pada Senin (14/10/2024), Jordi akhirnya pamit kepada rekan-rekannya. Dia memutuskan untuk meninggalkan tim lebih awal dan fokus pada pemulihan. 

“Dengan berat hati, saya harus meninggalkan tim lebih cepat. Karena saya akan berfokus ke pemulihan lagi. Artinya, saya tidak bisa bermain untuk tim melawan China nanti,” ujar pemain Johor Darul Ta’zim itu seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Senin (14/10/2024). 

“Namun saya akan mendukung dan mendoakan yang terbaik bagi tim kita. Saya berharap kita bisa meraih kemenangan dan semoga saya bisa bergabung lagi dengan tim di bulan depan.”

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga sempat menyinggung masalah yang dihadapi Jordi Amat. Menurutnya, pemain berusia 32 tahun itu mengalami cedera engkel yang berkepanjangan. 

"Beberapa pemain pernah mengalami cedera jangka panjang, terutama cedera engkel Amat yang semakin parah saat latihan," beber pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan. 

Sementara itu, Timnas Indonesia masih berusaha mengejar kemenangan perdana di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Saat ini, Skuad Garuda berada di urutan kelima dengan tiga poin usai meraih tiga hasil imbang dalam tiga pertandingan beruntun. 

Perjalanan Tim Merah Putih diawali dengan menahan tuan rumah Arab Saudi 1-1. Setelah itu, Jay Idzes cs kembali bermain imbang tanpa gol melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno. 

Sementara pada pertandingan ketiga, Indonesia nyaris merebut kemenangan melawan Bahrain. Sayang, keputusan kontroversial wasit membuat duel berkesudahan dengan skor imbang 2-2. 

Shin Tae-yong tidak menyebut siapa yang bakal menggantikan posisi Jordi Amat di lini belakang timnas saat bertemu China. Namun melihat susunan pemain melawan Bahrain, bukan mustahil STY bakal menurunkan Rizki Ridho sejak menit pertama. Pemain Persija Jakarta itu bakal menemani kapten Timnas Indonesia, Jay Idzes dan Mees Hilgers di lini pertahanan timnas. 

x|close