Menit 85, Gol Thom Haye Memperkecil Ketertinggalan Indonesia atas China

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 20:50
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Thom Haye bakal jadi andalan lini tengah Timnas Indonesia saat bersua Bahrain di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Thom Haye bakal jadi andalan lini tengah Timnas Indonesia saat bersua Bahrain di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Thom Haye memperkecil ketertinggalan Timnas Indonesia atas China. Gol yang dicetak pada menit ke-85 mengubah kedudukan menjadi 1-2 untuk keunggulan China. 

Bertarung di Qingdao Youtuh Football Stadium, Indonesia tertinggal 0-2 di babak pertama. 

Baca juga: Hasil Babak I China vs Timnas Indonesia: Skuad Garuda Tertinggal 0-2

Pergantian pemain dilakukan Shin Tae-yong di awal babak kedua. Thom Haye akhirnya diturunkan untuk menggantikan posisi Mees Hilgers yang tidak terlalu maksimal di babak pertama. Sementara Shayne Pattynama yang juga melakukan blunder digantikan dengan Rizki Ridho.

STY juga menarik Witan Sulaeman dan memasang Marselino Ferdinan di lini depan. 

Permainan Timnas Indonesia pun lebih agresfif. Namun, hingga 15 menit pertandingan babak kedua berjalan, tidak ancaman berarti yang berhasil dilakukan oleh Skuad Garuda.

Pada menit ke-66, Rizki Ridho yang berada di kotak penalti berhasil menjangkau tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On. Namun tandukannya masih belum menemui sasaran hingga skor tetap 0-2.

Semenit berselanng, Marselino berhasil melepas umpan silang mendatar. Namun bola masih berhasil dihalau pemain China, Wang Shangyuan dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Serangan demi serangan masih terus dilancarkan Skuad Garuda. Sementara timnas China tampil lebih bertahan dan menumpuk pemain di lini belakang.   

Berulang kali Indonesia mengiris dari sisi kanan pertahanan China. Namun umpan yang diarahkan ke kotak penalti China masih mampu dihalau oleh pemain-pemain bertahan lawan. 

Keputusan yang terburu-buru dari Nathan Tjoe-A-On membuat kesempatan emas di menit ke-80. Alih-alih mengontrol bola dan memberikan kepada rakannya yang berdiri di depan gawang, Nathan memilih untuk melepas tembakan dari sudut sempit dalam kondisi yang tidak ideal.

Bola melebar dan menghasilkan tendangan gawang untuk China. 

Pada menit ke-83, Indonesia mendapat tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Thom Haye maju sebagai eksekutor, tapi tendangan kerasnya masih membentur pagar lawan. 

Indonesia akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-85. Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola sempat dihalau pemain China tapi jatuh di kaki Thom Haye. Tendangan Haye akhirnya berhasil merobek jala China dan mengubah kedudukan jadi 1-2.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Maarten Paes (Gk); Shayne Pattynama, Jay Idzes, Mees Hilgers; Calvin Verdonk, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-Aon, Asnawi Mangkualam; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Timnas China: Wang Daeli (gk); Jian Guangtai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenglong; Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Wei Shihao, Xie Wenneng; Baihelamu Abuduwaili, Zhang Yuning

x|close