Timnas Indonesia Kalah, Pelatih Shin Tae-yong Sebut Permainan China Memalukan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 12:46
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menganggap permainan timnas China memalukan. Dia sama sekali berharap The Dragon bermain dengan bola-bola panjang. 

Pendapat ini disampaikan Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai pertandingan Indonesia vs China di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Bertanding di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024), Skuad Garuda yang tampil dominan justru keok 1-2. 

Baca juga: Pelatih Shin Tae-yong Ungkap Peluang Menang Timnas Indonesia Melawan China

Dengan susunan pemain yang berbeda dari laga sebelumnya, Timnas Indonesia sebenarnya tampil menekan sejak menit pertama. Statistik laga bahkan memperlihatkan keunggulan skuad Garuda.

Namun di babak pertama, timnas Indonesia justru kebobolan dua gol. Gol pertama lahir dari blunder Shayne Pattynama dalam mengawal pergerakan lawan. Bola yang mengara ke luar lapangan berhasil direbut lawan sebelum kemudian diteruskan Behram Abduweli jadi gol. 

Sementara gol kedua lahir dari kegagalan Mees Hilgers dan Jay Idzes mengantisipasi pergerakan Zhang Yuning saat menerima umpan terobosan hingga akhirnya berhasil menjebol gawang Paes.

Gol balasan Indonesia lahir di babak kedua dari tendangan Thom Haye. Setelah itu, tekanan masih terus dilakukan oleh para pemain Indonesia. Sebaliknya, China praktis bertahan. Pasukan Ivankovic sama sekali tidak berani ke luar menyerang hingga peluit panjang dibunyikan. 

"Pertama-tama saya tidak ingin cari alasan atas kekalahan pertama kami, tapi saya tidak menyangka kalau China bermain dengan cara-cara yang klasik (kuno), dengan bola-bola panjang seperti kick and rush. Saya rasa ini sedikit memalukan," kata Shin Tae-yong usai pertandingan. 

Meski demikian, Shin Tae-yong menganggap timnya juga tidak bermain sempurna dalam laga ini. Menurutnya, gol pertama yang bersarang ke gawang Maarten Paes jadi penyebab kekalahan ini. Dia pun akan mempersiapkan timnya lebih baik lagi saat bertemu China di laga berikutnya. 

"Saya tidak suka dengan gaya bermain China. Untuk pertandingan berikutnya, saya akan mempersiapkan tim dengan lebih baik lagi," kata pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan. 

Kekalahan melawan China membuat Indonesia tidak beranjak dari urutan kelima klasemen Grup C dengan tiga poin. Pada laga berikutnya, timnas Indonesia akan menjamu Arab Saudi (15/11/2024) dan Jepang (19/11/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Sementara pertandingan melawan China berikutnya baru akan berlangsung tahun depan.   

x|close