Asnawi Mangkualam Jadi Sorotan saat Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari China

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 13:18
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Asnawi Mangkualam. Asnawi Mangkualam. (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Asnawi Mangkualam menjadi trending topic di media sosial, khususnya di platform X, setelah tampil sebagai starter dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan China.

Meski kembali dipercaya untuk bermain sejak awal dan mengenakan ban kapten, performa pemain berusia 25 tahun ini justru menuai banyak kritikan dari netizen.

Baca Juga:

Asosiasi Sepakbola Bahrain Alami Serangan Siber Usai Laga Kontroversial Melawan Timnas Indonesia

Mengenal Peran Steward dalam Pertandingan Sepak Bola

Setelah tiga laga awal Grup C kualifikasi Piala Dunia di mana Asnawi lebih banyak duduk di bangku cadangan, laga melawan China menjadi kesempatan baginya untuk kembali tampil sebagai starter.

Pertandingan pada Selasa malam (15/10/2024) itu sempat menjadi harapan bagi para pendukung Garuda, apalagi dengan kembalinya Asnawi sebagai kapten.

Namun, ekspektasi tinggi terhadap sang pemain Port FC ini berakhir dengan kekecewaan.

Sepanjang 90 menit pertandingan, Asnawi terlihat kesulitan menemukan ritme permainan terbaiknya.

Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Tanzania <b>(dok PSSI)</b> Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Tanzania (dok PSSI)

Beberapa kali ia kehilangan bola, dan upayanya untuk menggiring bola melewati satu hingga dua pemain lawan justru membuat peluang Indonesia terbuang. Padahal, di beberapa momen, rekan-rekannya terlihat berdiri bebas menunggu operan.

Di sisi bertahan, performanya juga dinilai kurang optimal. Posisi Asnawi yang terlalu jauh dari bek tengah Mees Hilgers sering kali membuat pertahanan Indonesia rapuh, terutama saat menghadapi serangan balik cepat dari China.

Gol kedua yang dicetak Zhang Yuning pada menit ke-44 merupakan contoh jelas dari kurangnya koordinasi di lini belakang. Jarak antara Asnawi dan Mees Hilgers membuat ruang terbuka yang dimanfaatkan dengan baik oleh tim lawan.

Setelah pertandingan, Asnawi langsung menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Banyak netizen yang menyuarakan kekecewaan mereka di media sosial, termasuk di kolom komentar Instagram pribadinya, @asnawi_bhr.

Beragam komentar bernada kritis menghiasi unggahannya, mengomentari penampilannya yang dianggap kurang baik.

"Kalau nendang jangan full power capt, harus di imbangi pakai kontrol juga," tulis salah satu netizen.

"Tolong next time kalo disuruh jadi starter tau diri nolak aja udah pls bgt ni," tambah netizen lainnya.

"Kasian pemain sekelas mees jdi pusing krna liat game plan si NAWI." ucap netizen di kolom komentar.

x|close