Banyak Dipertanyakan, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia Saat Kalah dari China

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 14:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia saat berhadapan dengan China Timnas Indonesia saat berhadapan dengan China (Dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Banyak yang mempertanyakan susunan pemain timnas Indonesia saat bertemu China pada putaran ketiga babak kualfikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (15/10/2024). Alih-alih tampil lebih baik, Skuad Garuda justru kalah 1-2 dari tuan rumah.

Dalam laga ini, pelatih Shin Tae-yong sebenarnya masih tetap menggunakan formasi 3-4-3 seperti biasa. Hanya saja, sejumlah perubahan dilakukan di barisan pertahanan dan tengah timnas. 

Baca juga: Bek Timnas Indonesia Jadi Korban Kekalahan Lawan China

Setelah Jordi Amat tidak bisa tampil karena cedera, STY justru menurunkan Calvin Verdonk di barisan belakang timnas Indonesia menemani dua Jay Idzes dan Mees Hilgers. Padahal di bangku cadangan, pelatih asal Korea Selatan tersebut masih memiliki bek Persija Jakarta, Rizki Ridho. 

Sementara itu, di lini tengah STY juga tidak menurunkan Thom Haye sejak menit pertama. Pemain Almere City itu baru masuk pada babak kedua dan berhasil mencetak gol pada menit ke-85. 

Dua nama lainnya yang jadi kejutan adalah Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman. Asnawi bahkan dipercaya menjadi kapten menggantikan Jay Idzes. Sementara Witan masih dipercaya bermain sejak menit pertama meski tidak terlalu optimal di laga sebelumnya lawan Bahrain. 

Shayne Pattynama yang sudah lama tidak tampil juga terkesan dipaksakan untuk main. Pemain Eupen itu pun akhirnya melakukan blunder yang menyebabkan terciptanya gol pertama China. Dia gagal mengantisipasi pergerakan lawan hingga membuat bola di depannya berhasil direbut lawan.

Kesalahan ini langsung dimanfaatkan S Jiang untuk memberikan umpan kepada Behram Abduweli yang tanpa kesulitan berhasil menjinakkan penjaga gawang Maarten Paes. Sementara go kedua China dicetak Zhang Yuning yang berhasil lolos dari pengawasan Mees Hilgers dan Jay Idzes.

"Susah salah dari susunan starting XI," kata Pengamat Olahraga, Ronny Pangemanan. 

"Saat Haye dan Ridho cadangan, saya pikir itu kekeliruan," bebernya. 

Ronny sebenarnya mendukung bila Shin Tae-yong ingin bermain terbuka saat bertemu China. Hanya saja menurutnya komposisi pemain yang diturunkan harus lebih baik lagi. 

Beberapa pendukung timnas Indonesia di media sosial juga mempertanyakan hal ini. Sebagian menganggap beberapa pemain tidak seharusnya diturunkan sejak babak pertama.

Lalu seperti apa susunan timnas Indonesia saat bertemu China? Informasinya di bawah ini.

x|close