5 Fakta Unik Thomas Tuchel, Pelatih Jerman Pertama yang Menangani Timnas Inggris

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 18:12
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Bayern Muenchen, Thomas Tuchel kebingungan mencari cara mematikan pergerakan Vinicius Jr di Pelatih Bayern Muenchen, Thomas Tuchel kebingungan mencari cara mematikan pergerakan Vinicius Jr di (Bayern Muenchen)

Ntvnews.id, Jakarta - Thomas Tuchel resmi menangani timnas Inggris. Pria asal Jerman itu menggantikan posisi Gareth Southgate yang sudah memutuskan mundur sejak Juli lalu.

Apa saja yang menarik dari kedatangan Tuchel, simak ulasannya di bawah ini.

Bukan Sosok Baru di Sepak Bola Inggris

Meski berasal dari Jerman, Tuchel bukan wajah baru di sepak bola Inggris. Pria berusia 51 tahun itu pernah menangani Chelsea pada tahun 2021 lalu. Bersama The Blues, Tuchel berhasil mempersembahkan Piala Super, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions. 

Pelatih Jerman Pertama yang Menangani Timnas Inggris

Tuchel lahir tahun 1973 di kotak kecil bernama Krumbach, di sebelah selatan Jerman. Dia jadi pelatih non Inggris ketiga dan pelatih Jerman pertama yang menangani permanen timnas putra. 

Tuchel mengikuti jejak Sven-Goran Eriksson (Swedia) dan Fabio Capello (Italia).

Pernah Ditangani Ayahnya

Sebelum beralih ke dunia kepelatihan, Tuchel adalah pemain sepak bola yang menjanjikan.

Klub pertamanya adalah TSV Krumbach, yang berbasis di kota kelahirannya, di mana dia dilatih oleh ayahnya. Tuchel bermain untuk Jerman di level pemuda dan mendapatkan kontrak profesional pertamanya untuk Stuttgarter Kickers.

Namun ia harus pensiun dari bermain pada usia 25 tahun setelah serangkaian cedera lutut

Pernah Menangani Banyak Bintang Inggris

Timnas Inggris merupakan pekerjaan kepelatihan internasional pertama bagi Tuchel. Meski demikian, dia sudah punya berpengalaman menangani berbagai bintang di klub. 

Semasa bertugas di klub Prancis, Paris St-Germain, Tuchel bahkan pernah melatih penyerang superstar Kylian Mbappé. Tuchel juga pernah melatih sejumlah bintang Inggris saat ini termasuk Mason Mount, Eric Dier, dan kapten Inggris Harry Kane.

Faktanya, Kane dikontrak oleh Tuchel ketika dia menjadi manajer di Bayern Munich dan menjalani musim terbaik dalam karirnya – mencetak 44 gol!

Bercita-cita Jadi Pilot Helikopter

Meski Tuchel sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia sepak bola, namun sang pelatih mengaku kalau pernah bercita-cita menjadi pilot helikopter di masa mudanya.

Saat itu dia menganggap pekerjaan tersebut penuh dengan petualangan. Hanya saja, saat ini Tuchel mengaku tidak berani lagi untuk naik helikopter. 

x|close