Eliano Reijnders Dicoret dari Skuad Timnas Indonesia Melawan China Bukan karena Cedera

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Okt 2024, 13:15
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Eliano Reijnders bertekad mempersembahkan tiga poin untuk timnas Indonesia saat bertemu Bahrain, Kamis (10/10/2024) Eliano Reijnders bertekad mempersembahkan tiga poin untuk timnas Indonesia saat bertemu Bahrain, Kamis (10/10/2024) (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Eliano Reijnders mendadak menghilang dari susunan pemain saat Timnas Indonesia bertemu China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) lalu. Pemain PEC Zwole itu sama sekali tidak masuk line up, bahkan di daftar cadangan sekalipun. 

Ini berbeda dengan laga sebelumnya melawam Bahrain. Eliano yang baru bergabung dengan timnas Indonesia langsung masuk DSP dan mendapat menit bermain pada babak kedua. 

Baca juga: Beli Tiket Timnas Indonesia Wajib Punya Garuda ID, Gini Caranya

Dalam laga yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa itu, Eliano masuk menggantikan posisi Sandy Walsh. Sayang, debutnya gagal berbuah tiga poin. Keputusan wasit untuk melanjutkan laga setelah waktu tambahan berakhir membuat kemenangan Indonesia melayang. 

Skor berakhir 2-2 setelah Bahrain mampu menyamakan kedudukan di menit ke-99. 

Dalam laga ini, pelatih Shin Tae-yong juga menurunkan Mees Hilgers yang juga baru bergabung dengan timnas Indonesia seperti halnya Eliano. Bedanya, Hilgers tampil sejak menit pertama. 

Pemain FC Twente itu kembali masuk starting XI pada pertandingan berikutnya melawan China. Sedangkan Eliano sama sekali tidak berada di bench pemain. Namanya dicoret dari DSP. 

Apa yang terjadi?

Biasanya, ada tiga penyebab pemain terbuang dari tim. Pertama karena memang kebutuhan tim. Alasan lainnya adalah sedang cedera, dan kemungkinan lainnya sedang menjalani hukuman.

Dari tiga alasan ini, Manajer Timnas Indonesia, Sumardji mencoret dua alasan terakhir.

"Tidak cedera dan tidak juga indipliner," ujar Sumardji ketika dikonfirmasi, Jumat (18/10/2024). 

Indonesia akhirnya kalah 1-2 melawan China. Satu-satunya gol Skuad Garuda dicetak oleh Thom Haye di babak kedua. Tidak seperti laga-laga sebelumnya, pemain Almere City itu juga tidak tampil sejak menit pertama. Dia baru masuk pada babak kedua menggantikan Mees Hilgers.

Sumardji sendiri tidak ikut mendampingi pemain saat bertemu China. Dia harus terusir dari bench pemain setelah mendapatkan kartu merah pada pertandingan sebelumnya melawan Bahrain. 

Namun hukuman ini hanya berlaku satu pertandingan saja. Artinya, Sumardji sudah bisa kembali ke bench pemain saat Indonesia bertanding lagi pada bulan November mendatang. 

Respons Eliano Reijnders?

Tidak ada komentar spesifik dari Eliano mengenai hal ini. Hanya saja, usai pertandingan melawan China, adik pemain AC Milan Tijjani Reijnders itu sempat menyapa lewat media sosial. 

"Terima kasih atas dukungannya," ujarnya lewat Instastory di akun Instagramnya. 

x|close