Jadwal Drawing Piala AFF 2024, Indonesia Terhindar 'Pertempuran Dini' Melawan Malaysia

NTVNews - 20 Mei 2024, 15:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia menembus peringkat 134 dunia usai tampil memukau pada babak kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia menembus peringkat 134 dunia usai tampil memukau pada babak kualifikasi Piala Dunia

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia dipastikan terhindar 'perang dini' melawan musuh bebuyutannya Malaysia pada kejuaraan sepak bola Piala AFF 2024. Kedua tim tidak mungkin bertemu di fase grup mengingat saat babak drawing berlangsung, Indonesia dan Malaysia berada di pot berbeda.

Seperti diketahui, Piala AFF 2024 akan bergulir pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Turnamen yang dulu dikenal sebagai Piala Tiger itu diikuti oleh 10 negara, termasuk Indonesia.  

Masing-masing tim selanjutnya dibagi ke dalam dua grup yang diisi oleh lima negara. 

Guna menentukan penghuni setiap grup, AFF selaku pihak penyelenggara akan menggelar acara pengundian atau drawing di Vietnam, Selasa (21/5/2024). Seluruh peserta nantinya akan dibagi dalam lima pot yang disesuaikan dengan prestasi mereka di tiga ajang Piala AFF sebelumnya. 

Nah, Thailand yang menjuarai Piala AFF 2020 dan 2022 berada di pot 1 bersama Vietnam. Sementara Indonesia mengisi pot dua sebagai runner up Piala AFF 2020 dan semifinalis 2022.

Kebetulan, di pot yang sama juga ditempatkan Malaysia. Artinya, kedua tim tidak mungkin saling bertemu di fase grup. Tim Merah Putih nantinya akan bertemu wakil dari pot 1, 3, dan 4. 

Untuk pot ketiga ada Filipina dan Singapura. Sedangkan pot keempat ada Myanmar dan Kamboja. Laos dan pemenang kualifikasi antara Timor Leste vs Brunei Darussalam menempati pot 5.

Meski terhindar dari Malaysia, bukan berarti langkah Indonesia semakin mudah. Sebab di fase grup nanti, pasukan Shin Tae-yong dipastikan akan bertemu dua raksasa Asia Tenggara, Vietnam atau Thailand. Kedua negara ini merupakan langganan juara Piala AFF.

Simak jadwal drawing Piala AFF 2024 di bawah ini:

Selasa, 21 Mei 2024: Drawing Piala AFF 2024 di Vietnam

Berikut ini adalah pembagian pot drawing Piala AFF 2024:

Pot 1: Thailand dan Vietnam

Pot 2: Malaysia dan Indonesia

Pot 3: Filipina dan Singapura

Pot 4: Myanmar dan Kamboja

Pot 5: Laos vs pemenang laga kualifikasi  

x|close