Drawing Piala AFF 2024 Tempatkan Indonesia Satu Grup dengan Vietnam, Sumardji: Hasil yang Sangat Bagus

NTVNews - 21 Mei 2024, 16:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia merayakan gol di sebuah pertandingan Timnas Indonesia merayakan gol di sebuah pertandingan (Dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Manajer Timnas Indonesia, Sumardji menyambut baik hasil drawing Piala AFF 2024 yang menempatkan timnas Indonesia di grup B bersama tim kuat, Vietnam. COO Bhayangkara FC itu ikut hadir di Hanoi, Vietnam untuk menyaksikan langsung proses pengundian.

"Ya, hasil yang sangat bagus," kata Sumardji melalui pesan whatsapp, Selasa (21/5/2024). 

Grup B juga dihuni oleh tiga negara lain, yakni Filipina, Myanmar, dan Laos. Sedangkan grup A berisi sang juara bertahan, Thailand bersama, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang babak kualifikasi yang akan mempertemukan Timor Leste dengan Brunei Darussalam. 

Sejauh ini, Indonesia belum sekalipun menjuarai Piala AFF. Prestasi tertinggi Tim Merah Putih baru sampai di final saja. Sementara Vietnam sendiri sudah dua kali mengangkat trofi AFF. 

Timnas Indonesia menembus peringkat 134 dunia usai tampil memukau pada babak kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia menembus peringkat 134 dunia usai tampil memukau pada babak kualifikasi Piala Dunia

Thailand tercatat sebagai tim tersukses di Piala AFF dengan koleksi tujuh gelar. Sementara Singapura berada di urutan kedua dengan empat gelar, disusul Vietnam dengan dua gelar. 

Malaysia juga sudah mengantongi satu trofi Piala AFF. Negeri Jiran berhasil mengangkat trofi pada  tahun 2010 dengan mengalahkan Indonesia di babak final dengan agregat 4-2. 

Mengenai target yang diusung Tim Merah Putih pada Piala AFF 2024, Sumardji enggan menjawabnya. Dia meminta agar hal itu ditanyakan langusng kepada pimpinannya di PSSI

"Target, tanya ketum (Ketua Umum PSSI, Erick Thohir)," balasnya singkat. 

Halaman
x|close