Segrup dengan Indonesia di Piala AFF 2024, Media Vietnam Soroti Pembagian Jadwal yang Untungkan Negaranya

NTVNews - 21 Mei 2024, 17:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam (Dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Vietnam merasa diuntungkan oleh pembagian jadwal pertandingan babak penyisihan gurp Piala AFF 2024. Pasalnya, Golden Star Warriors bakal punya waktu istirahat yang cukup panjang sebelum menjamu Indonesia pada pertandingan kedua mereka di grup B. 

Seperti diketahui, hasil drawing di Hanoi, Vietnam, Selasa (21/5/2024) menempatkan Vietnam dan Indonesia dalam satu grup bersama Filipina, Myanmar, dan Laos. Sementara grup A, bakal dihuni Thailand bersama Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang babak kualifikasi. 

Vietnam akan berhadapan dengan Indonesia pada 30 November 2024. Ini adalah laga kedua bagi Golden Star Warriors setelah bertemu Loas pada pertandingan pertama, 24 November 2024. Artinya, Vietnam bakal punya waktu istirahat 5 hari sebelum menjamu Tim Merah Putih di Hanoi. 

Berbeda dengan Indonesia. Pasukan Shin Tae-yong harus melewati dua pertandingan dulu sebelum bersua Vietnam. Pada pertandingan pertama, Tim Merah Putih akan menyambangi markas Myanmar pada 24 November 2024. Setelah itu--saat Vietnam tidak bertanding, Indonesia harus menjamu Laos pada 27 November 2024. Dengan demikian, Timnas Indonesia hanya punya waktu istirahat selama tiga hari sebelum menyambangi kandang Vietnam.

Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam <b>(dok PSSI)</b> Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam (dok PSSI)

Dalam laporannya, media Soha.vn menganggap ini situasi ini sangat menguntungkan Vietnam yang diprediksi bakal saling sikut dengan Indonesia pada perebutan tempat pertama. 

Di luar jadwal, Soha.vn juga menyoroti status Piala AFF 2024 yang bukan bagian dari kalender FIFA. Situasi ini menurut mereka bakal menyulitkan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam mendapatkan para pemain andalannya yang berkompetisi di luar negeri.

Sementara itu, Wakil Presiden VFF, Tran Anh Tu tidak mempersoalkan hasil drawing yang menempatkan Indonesia segrup dengan negaranya. Menurutnya, baik grup A dan B sama saja. 

"Entah kita satu grup Indonesia atau tidak, yang terpenting tetap lolos ke babak semifinal,” kata Wakil Presiden VFF Tran Anh Tu usai pengundian siang tadi, Selasa (21/5/2024).

Halaman
x|close