Jay Idzes Dipastikan Absen saat Timnas Indonesia Bertemu Irak di Jakarta

NTVNews - 28 Mei 2024, 17:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Jay Idzes bersama Venezia Jay Idzes bersama Venezia (Website Venezia)

Ntvnews.id, Jakarta - Teka-teki kedatangan Jay Idzes ke Timnas Indonesia mulai terjawab. Pemain Venezia FC itu kemungkinan baru bisa bergabung pada 5 Juni 2024. Artinya, pemain naturalisasi berusia 23 tahun itu bakal absen saat Indonesia bertemu Irak, 6 Juni 2024. 

Idzes sebenarnya sudah mendapat lampu hijau dari timnya untuk bergabung ke timnas Indonesia yang tengah mempersiapkan diri menghadapi sisa laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hanya saja, Venezia FC saat ini masih menjalani laga playoff promosi ke Serie A. 

Venezia bahkan berhasil lolos ke babak final setelah mengalahkan Palermo dengan agregat 3-1. Selanjutnya, Jay Idzes cs akan bertemu Cremonese di babak final pada 31 Mei dan 3 Juni 2024. Pemenang dalam duel ini bakal menemani Parma dan Como 1907 ke Serie A musim depan. 

"Untuk Jay Idzes karena dia masuk final play off (Liga Italia) mungkin baru akan sampai pada 5 Juni dan untuk 6 Juni melawan Irak, Jay akan absen," kata Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong usai latihan perdana pasukannya di Lapangan ABC, Senayan, Selasa sore (28/5/2024).

Pemain timnas Indonesia, Jay Idzes <b>(dok PSSI)</b> Pemain timnas Indonesia, Jay Idzes (dok PSSI)

Selain Irak, tim Merah Putih juga akan berhadapan dengan Filipina pada 11 Juni 2024. Sementara itu, Shin Tae-yong juga mengagendakan satu laga uji coba melawan Tanzania pada 2  Juni 2024. 

Indonesia sendiri tergabung di grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Irak sejauh ini sudah memastikan tempat di putaran ketiga, sementara Indonesia yang menempati posisi kedua dengan 7 poin hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengikuti jejak Singa Mesopotamia.  

Terkait laga uji coba melawan Tanzania, STY mengaku tidak memberi target khusus kepada para pemainnya. Lewat laga ini, pelatih asal Korea Selatan itu hanya ingin memantau kondisi mereka. 

"Para pemain banyak yang berlibur juga mulai dari liga di Eropa, Liga Indonesia pun sama banyaknya yang beristirahat, pasti performa pertandingan menurun. Memang pas juga pikiran saya dan pikiran PSSI, jadi akhirnya kita ambil pertandingan lawan Tanzania, di luar hasil menang kalah, tujuannya hanya akan mengecek kondisi para pemain seperti apa,” kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, sebanyak 22 pemain telah dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia di Jakarta. Seperti dilansir dari Antaranews.com, selain Idzes tiga nama lainnya juga belum bisa memenuhi panggilan, yakni Pratama Arhan, Jordi Amat, dan Justin Hubner. 

x|close