Profil Jose Luis Mendilibar, Pelatih 'Pemadam Kebakaran' yang Bawa Olympiacos Juara UEFA Conference League 2023/2024

NTVNews - 30 Mei 2024, 12:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Olympiacos, Jose Luis Mendilibar Pelatih Olympiacos, Jose Luis Mendilibar (website Olympiacos)

Ntvnews.id, Jakarta - Jose Luis Mendilibar jadi sosok penting di balik keberhasilan Olympiacos menjuarai UEFA Conference League musim ini. Meski sempat merasakan masa sulit di awal kedatangan ke Yunani, Mendilibar sukses membangun tim yang mampu mengukir sejarah.

Olympiacos keluar sebagai juara UEFA Conference League 2023/2024 usai mengalahkan Fiorentina 1-0 di Arena AEK, Yunani, Kamis (30/5/2024). Kemenangan ini sekaligus menjadikan The Thrylos sebagai tim Yunani pertama yang mampu memenangkan trofi Eropa.

Namun tidak mudah bagi Olympiacos menundukkan Fioretina yang sudah berpengalaman tampil di final turnamen yang sama pada musim lalu. The Thrylos baru berhasil menjebol gawang I Viola saat memasuki perpanjangan waktu. Pada menit ke-115, top scorer Conference League musim ini, Ayoub El Kaabi membawa Olympiacos unggul 1-0 memanfaatkan umpan dari Santiago Hezze. 

Mendilibar sangat gembira menyambut kemenangan ini. Apalagi, pasukannya memenangkannya di depan publik sendiri. Selain itu, trofi Conference League 2023/2024 juga menjadi gelar Eropa kedua bagi Mendilibar setelah musim lalu sukses membawa Sevilla menjuarai Liga Europa. 

"Saya merasa sangat senang karena mampu membantu fans Olympiacos merasakan ini; saya mendedikasikan kemenangan ini untuk mereka. Saya bangga karena kita bisa membuat prestasi yang selama ini belum pernah diraih klub ini," ujar Mendilibar dilansir dari situs resmi UEFA. 

Mendilibar bergabung dengan Olympiacos pada bulan Februari lalu. Dia didatangkan ke Yunani usai membawa Sevilla merebut trofi Liga Europa 2022/2024 dengan mengalahkan AS Roma. 

Pelatih Olympiacos, Jose Luis Mendilibar  <b>(Website Olympiacos)</b> Pelatih Olympiacos, Jose Luis Mendilibar (Website Olympiacos)

Mendilibar sendiri tidak punya karier yang mentereng sebagai pemain. Pengalaman tertinggi yang pernah dijalani hanya sebatas segunda division atau kasta kedua sepak bola Spanyol. 

Setelah pensiun pada tahun 1994, pria asal Spanyol itu mulai merintis karier kepelatihannya. Awalnya, dia sempat menjadi staf pelatih di tim usia muda  milik Athletic Bilbao. Setelah itu dia menangani beberapa klub dan sempat kembali ke Athletic Bilbao pada tahun 2005. 

Namanya semakin terkenal saat didatangkan manajamen Sevilla untuk menggantikan Jorge Sampaoli pada tahun 2023 lalu. Di musim pertamanya, Mendilibar langsung membawa Sevilla memenangkan trofi Liga Europa dengan mengalahkan AS Roma lewat drama adu penalti. 

Mantan pemain Liverpool yang kini aktif sebagai komentator sepak bola, Don Hutchison kini punya julukan untuk Mendilibar. "Manajer pemadan kebakaran biasanya datang untuk menjaga klub tetap aktif. Mendilibar adalah pelatih pemadam kebakaran yang datang dan memenangkan trofi," kata Hutchison memberi julukan kepada Mendilibar usai memenangkan Conference League. 

"Dia telah melakukan kerja yang luar biasa. Dia melakukan itu di Sevilla saat dia baru betugas beberapa bulan saja dan sekarang dia melakukannya lagi (bersama Olympiacos)," bebernya. 

  

x|close