Bikin Bangga, Timnas Indonesia Melesat ke Urutan 134 Ranking FIFA

NTVNews - 4 Apr 2024, 18:53
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia menembus peringkat 134 dunia usai tampil memukau pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (dok PSSI) Timnas Indonesia menembus peringkat 134 dunia usai tampil memukau pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (dok PSSI)

NTVnews.id - Penampilan gemilang Timnas Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mendongkrak posisi Merah Putih di papan ranking FIFA. Dalam update April 2024, Indonesia berhasil menembus posisi 134 dunia atau naik 8 peringkat dari posisi sebelumnya, 142. 

Menariknya, Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan kenaikan terbesar. Skuad Garuda unggul atas Afghanistan yang naik 7 peringkat (151) dan Libya yang naik 6 peringkat (114).

 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi peringkat FIFA terbaik ketiga. Skuad Garuda masih tertinggal dari Thailand dan Vietnam. Thailand untuk sementara memimpin setelah bertahan di posisi 101. Skuad Gajah Perang menggantikan Vietnam yang turun 10 tingkat ke urutan 115. 

Baca juga : Shin Tae-yong Optimistis Melihat Perkembangan Timnas Indonesia U-23

Malaysia juga turun 6 setrip ke urutan 138. Harimau Malaya kini berada di bawah Indonesia. 

Lompatan Indonesia sebenarnya sudah bisa diprediksi sebelumnya. Pasukan Shin Tae-yong memang sedang tampil luar biasa sepanjang Maret 2024.

Para pemain Timnas Indonesia U-23 menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab sebelum tamp <b>(dok PSSI)</b> Para pemain Timnas Indonesia U-23 menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab sebelum tamp (dok PSSI) Dalam kurun waktu itu, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dalam dua pertemuan beruntun di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di laga pertama, Indonesia berhasil menang tipis 1-0 sebelum menyudahi The Golden Stars di My Dinh dengan skor 3-0.

Kemenangan demi kemenangan yang didapat membuat Indonesia mendapat tambahan 30,4 poin hingga mencatatkan total poin keseluruhan sebesar 1102.7. Dan di bulan April, Indonesia tercatat sebagai negara dengan lompatan ranking FIFA tertinggi di dunia.

Halaman
x|close