5 Kisah Pemain Bola Naik Haji: Dari Witan hingga Ribery

NTVNews - 30 Mei 2024, 16:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Witan Sulaeman Witan Sulaeman (Instagram @witansulaiman_)

Ntvnews.id, Jakarta - Witan Sulaeman tidak akan memperkuat Timnas Indonesia di dua laga terakhir putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina dan Irak. Witan untuk sementara menepi karena sedang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. 

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji sejak awal sudah menyampaikan perihal rencana ibadah Witan dan keluarga. Menurutnya, pemain Bhayangkara FC itu memang sengaja tidak dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk pertandingan melawan Filipina (6/6) dan Irak (11/6) di Jakarta.

"Ya, berangkat haji tanggal 24 (Mei)," ujar Sumardji kepada NTVnews.id beberapa waktu lalu. 

Saat para pemain yang dipanggil STY mulai berlatih sejak Selasa (28/5/2024) lalu, Witan justru sudah berada di Tanah Suci, Mekkah untuk menjalani ibadah Haji bersama keluarganya. Dilansir dari akun Instagram Kemenag_RI, Witan diketahui ikut di kloter 9 Embarkasi Balikpapan (BPN-9) dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (26/5/2024).

Seperti diketahui, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim. Kegiatan ini biasanya dimulai pada 8 Zulhijah dengan ditandai umat Muslim dari seluruh dunia bermalam di Mina kemudian dilanjutkan dengan wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah. Ibadah haji kemudian diakhiri dengan kegiatan melempar jumrah pada 10 Zulhijah. Saat musim Haji tiba, umat muslim dari berbagai penjuru dunia akan berkumpul di Tanah Suci Makkah.

Selain Witan, kisah pemain bola naik haji juga dilakukan oleh sejumlah pemain top dunia. Mereka juga rela meluangkan waktu dan biaya untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Bahkan tidak jarang dari mereka terpaksa meninggalkan agenda pertandingan demi ke Tanah Suci. 

Karim Benzema (Prancis)
Pemain asal Prancis ini memang dikenal sebagai muslim yang taat. Dia bahkan rela tidak tampil di putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis demi menjalankan ibadah naik haji ke Tanah Suci Makkah.

Menariknya, saat ini Benzema justru semakin dekat dengan Tanah Suci. Ya striker berusia 36 tahun itu kini bermain untuk klub Liga Pro Arab Saudi, Al Ittihad.

Paul Pogba (Prancis)
Pemain Juventus ini merupakan seorang mualaf. Pogba awalnya tertarik mempelajari agama Islam dari teman-teman di sekitarnya hingga akhirnya memutuskan pindah keyakinan pada 2012 atau saat usia 20 tahun.

Halaman
x|close