Kenapa Banyak Polisi di Lokasi Latihan Timnas Indonesia?

NTVNews - 31 Mei 2024, 17:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Polisi tampak berjaga di belakang pemain timnas Indonesia, Shayne Pattynama Polisi tampak berjaga di belakang pemain timnas Indonesia, Shayne Pattynama (Antaranews.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Ada pemandangan berbeda yang terlihat di lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat pagi (31/5/2024). Polisi-polisi berseragam tampak berjaga sejak awal hingga akhir sesi. Saat latihan berakhir, mereka dengan sigap langsung mengawal para pemain menuju bus. Begitu juga saat pemain meladeni permintaan wawancara wartawan. Beberapa polisi juga ikut berjaga dengan sikap sempurna di belakangnya.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji yang juga bagian dari korps baju cokelat menjelaskan, kalau kehadiran personelnya di lokasi latihan bukan tanpa alasan. Sebaliknya, PSSI selaku federasi memang sengaja meminta bantuan mereka untuk mengawal para pemain selama mengikuti TC.

Tujuannya jelas: membatasi interaksi fans dengan para pemain. Menurut Sumarji, langkah ini dilakukan untuk menghindari kejadian-kejadian yang sempat merugikan timnas Indonesia.  

"Jadi memang ini adalah permintaan dari coach Shin Tae-yong kepada ketua umum dan saya selaku ketua BTN yang mengeksekusi. Dan itu sudah kita lakukan dan jalankan,” kata Sumardji. 

Menurutnya, PSSI terpaksa meminta bantuan pengamanan kepada pihak kepolisian menyusul evaluasi yang dilakukan terhadap beberapa kegiatan timnas sebelumnya. Salah satu yang menjadi sorotan adalah, banyaknya pemain yang sempat terjangkit penyakit jelang laga melawan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026 akibat interaksi fans dengan pemain yang tidak terkontrol. 

“Kita jadikan itu sebagai evaluasi dan kali ini kita betul-betul menerapkan SOP yang sangat ketat,” kata Sumardji. “Kami berharap rekan-rekan pers dan suporter bisa bekerjasama agar proses pengamanan ini bisa berjalan dengan baik. Pak Ketua Umum menginginkan seperti saat tim yang datang ke sini, Argentina sehingga pengamanan itu betul-betul bisa kita jalankan dengan baik.”

Tidak hanya pihak kepolisian, PSSI juga mengerahkan sejumlah pengamanan dari elemen swasta. Mereka tampak mengenakan rompi kuning dan ikut aktif mengawal para pemain saat latihan.

Sebelumnya, pengamanan ekstra memang sempat diterapkan PSSI saat menerima kunjungan timnas Argentina pada pertengahan Juni tahun lalu. Meski saat itu, Albiceleste tanpa Lionel Messi, tetap mendapat pengawalan super ketat saat berada di hotel maupun lokasi pertandingan.

Halaman
x|close