Shin Tae-yong Fokus Kembalikan Kebugaran Timnas Indonesia Usai Imbang Lawan Tanzania

NTVNews - 3 Jun 2024, 09:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin tae-yong tidak terlalu mempermasalahkan hasil imbang yang diraih anak asuhnya saat beruji coba melawan Tanzania di Stadion Madya, GBK, Senayan, Minggu (2/6/2024). Dalam duel ini, kedua tim bermain tanpa gol hingga laga berakhir. 

Tampil di depan lebih dari 6 ribu penonton, Indonesia sebenarnya mendominasi pada pertandingan ini. Sayang sejumlah peluang tidak dapat menjadi gol. Dalam duel ini, pelatih STY juga melakukan banyak rotasi pemain dan mencoba beberapa nama baru seperti Malik Risaldi (Madura United). 

"Memang seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, hasil tidak begitu penting. Saya hanya ingin melihat keseluruhan kondisi pemain, fisik, dan juga lainnya," kata Shin Tae-yong usai laga.

"Saya juga akan mengevaluasi performa para pemain di laga tadi, termasuk soal sentuhan bola yang kurang dan komunikasi juga," pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Uji coba melawan Tanzania merupakan bagian dari persiapan Indonesia menghadapi sisa laga putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Seperti diketahui, pasukan Merah Putih akan berhadapan dengan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024. Dengan koleksi 7 poin, satu kemenangan saja sudah cukup mengantar Skuad Garuda menuju putaran ketiga. 

Indonesia vs Tanzania <b>(dok PSSI)</b> Indonesia vs Tanzania (dok PSSI)

Melihat performa pemain melawan Tanzania, Shin Tae-yong menilai kondisi para pemain belum ideal setelah kembali dari libur kompetisi. Meski begitu, dia optimistis pemain akan menampilkan penampilan terbaik saat bertemu timnas Irak dan Filipina pada pertandingan berikutnya.

"Memang para pemain merasakan capek ya, tetapi dengan selesai laga ini pastinya akan meningkat cepat dan baik. Apalagi besok recovery serta istirahat, tanggal 4 dan 5 Juni itu masuk periode penyesuaian kondisi, dan saya akan mempersiapkan tim lebih baik. Irak tim terbaik di grup kita, skuad mereka sangat bagus, bukan lawan mudah bagi kami, tetapi ini laga kandang, jadi saya akan memaksimalkan semuanya agar di laga nanti dapat hasil baik," kata Shin Tae-yong.

Halaman
x|close