3 Fakta Miris Indonesia Kalah 1-2 dari Irak di Perebutan Tempat Ketiga Piala Asia U-23 2024

NTVNews - 3 Mei 2024, 03:55
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Dua pemain Irak mengawal pergerakan pemain Indonesia pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 20 Dua pemain Irak mengawal pergerakan pemain Indonesia pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 20 (Dok PSSI)

Ntvnews.id, Doha - Indonesia membuang peluang untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024 setelah kalah 1-2 dari Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis malam (2/5/2024). Langkah Indonesia ke Paris kini hanya ditentukan lewat babak play-off di Paris pada 9 Mei 2024.

Pertandingan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, harus dilanjutkan lewat extra time setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang babak normal. Timnas Indonesia U-23 sebenarnya sempat unggul lewat Ivar Jenner pada menit ke-18. Namun Irak membalasnya lewat Zaid Tahseen pada menit ke-27.

Tidak ada gol yang tercipta sepanjang babak kedua. Wasit kemudian melanjutkan dengan perpanjangan waktu di mana Irak menambah satu gol lagi lewat Ali Jasim menit 96.

Kekalahan ini membuat Indonesia harus puas berada di urutan keempat Piala Asia U-23 2024. Sementara Irak menempati peringkat ketiga sekaligus memastikan tiket Olimpiade Paris.

Dua tim lainnya yang sudah menggenggam tiket ke Paris adalah finalis Piala Asia U-23 2024, Jepang dan Uzbekistan. Mereka akan bertanding memperebutkan gelar juara, Jumat (3/5/2024).

Kekalahan Indonesia atas Irak tentu membuat publik kecewa. Apalagi, dalam laga ini, Garuda Muda tidak tampil seperti biasanya.

Marselino Ferdinan berusaha melewati pengawalan pemain Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia  <b>(dok PSSI)</b> Marselino Ferdinan berusaha melewati pengawalan pemain Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia (dok PSSI)

Berikut ini adalah fakta-fakta miris kekalahan Indonesia atas Irak:

1. Pertama Kali Kalah Setelah Unggul
Dari enam laga yang dilalui di Piala Asia U-23 2024, baru kali ini Indonesia menelan kekalahan setelah empat unggul terlebih dahulu. Biasanya, Indonesia selalu berhasil menuntaskan laga dengan kemenangan bila mampu menyarangkan gol lebih dulu ke gawang lawan seperti saat melawan Australia (1-0), Yordania (4-1), dan Korea Selatan (11-10 usai imbang 2-2).

2. Hanya Tersisa Satu Kesempatan
Indonesia hanya menyisakan satu kesempatan lagi untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024. Kekalahan melawan Guinea di babak play-off nanti bakal mengubur ambisi Garuda Muda untuk mengakhiri penantian panjang 68 tahun. Seperti diketahui, Indonesia terakhir kali tampil di Olimpiade pada tahun 1956 di Melbourne.

3. Irak Pembunuh Mimpi Tim ASEAN
Indonesia menjadi negara ASEAN kedua yang jadi tumbal perjalanan Irak menuju Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, Singa Mesopotamia Muda juga berhasil menghentikan Vietnam di babak perempat final dengan skor 1-0.

Irak sebenarnya sempat kalah dari wakil ASEAN lainnya, Thailand pada babak penyisihan. Namun hasil itu tidak menghentikan langkah Irak ke fase knock out. Laju Irak baru tersendat pada babak semifinal usai kalah 0-2 dari Jepang.

x|close